Kompas TV nasional update corona

Jika Kasus Covid-19 Tak Turun, IDI: Jalan Terakhir PSBB Superketat, Mobilisasi Masyarakat Disetop

Kompas.tv - 2 Februari 2021, 09:51 WIB
jika-kasus-covid-19-tak-turun-idi-jalan-terakhir-psbb-superketat-mobilisasi-masyarakat-disetop
Operasi Yustisi di Jakarta. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Slamet Budiarto, menyarankan kepada pemerintah untuk kembali memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). 

Namun, kata dia, penerapannya kali ini harus dilakukan secara super ketat jika angka kasus Covid-19 di Indonesia tak kunjung mengalami penurunan. 

Baca Juga: Epidemiolog Sebut Lebih Baik PSBB Skala Mikro Dibanding PPKM

Slamet menjelaskan, PB IDI sampai saat ini masih terus memantau dan akan melakukan evaluasi terhadap pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) tahap kedua.

Diketahui, penerapan PPKM tahap kedua yang digencarkan pemerintah masih berlangsung hingga 8 Februari 2021 mendatang.

Jika PPKM tahap kedua tidak juga menurunkan jumlah infeksi baru dan kasus kematian akibat Covid-19, maka solusinya adalah PSBB superketat.

"Jalan terakhir ya PSBB superketat. Mobilisasi masyarakat disetop. Enggak ada jalan lagi, apa lagi jalannya? Vaksin (untuk masyarakat) belum tersedia," kata Slamet dikutip dari Kompas.com, pada Selasa (2/2/2021).

Baca Juga: Wagub DKI Yakin Perpanjangan PSBB Bisa Tekan Kasus Covid-19 di Jakarta

Slamet menambahkan, bahwa ketentuan swab PCR yang diberlakukan saat ini tidak menjamin seseorang tidak akan terjangkit virus corona dalam sebuah perjalanan.

Sebab, jika swab PCR dilakukan hari ini dan hasilnya negatif, seseorang masih bisa terinfeksi virus corona keesokan harinya.

"Ini kan penyakit kerumunan, penyakit mobilitas. Kalau itu (mobilitas) dihentikan, otomatis (jumlah penyebaran Covid-19) turun. Simple-nya begitu," ujar Slamet.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x