Kompas TV regional sosial

Ini Sosok Perempuan Pembeli Pulau Lantigiang Selayar Sulsel, Ternyata

Kompas.tv - 30 Januari 2021, 18:34 WIB
ini-sosok-perempuan-pembeli-pulau-lantigiang-selayar-sulsel-ternyata
Sosok Asdianti Baso, pembeli Pulau Lantigiang, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. (Sumber: Facebook/Asdianti Baso)
Penulis : Ahmad Zuhad

SELAYAR, KOMPAS.TV - Masyarakat Indonesia ramai membicarakan Pulau Lantigiang, Kecamatan Takabonerate, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Sebabnya, seorang warga Selayar menjual pulau itu seharga Rp900 juta.

Polres Selayar menyebut, warga bernama Syamsu Alam menjual Pulau Lantigiang kepada seseorang bernama Asdianti.

Kami telah memeriksa tujuh saksi termasuk Kepala Dusun Jinato Asryad. Masih ada saksi yang belum diinterogasi, seperti Kepala Desa Jinato Abdullah dan Sekdes Jinato Rustam," ungkap Perwira Urusan (Paur) Humas Polres Selayar Aipda Hasan, dikutip dari Kompas.com.

Syamsu Alam menjual pulau itu karena merasa memiliki pulau tak berpenghuni itu. Syamsu pun telah menerima uang muka sebesar Rp10 juta.

Baca Juga: Bukan Cuma Gilang Juragan99, Ini 5 Artis yang Kabarnya juga Punya Jet Pribadi

“Menurut keterangan dari Syamsu Alam bahwa Pulau Lantigiang tersebut dikuasai atau ditinggali oleh neneknya dulu. Adapun hak yang dimiliki oleh penjual adalah surat keterangan kepemilikan ditangani oleh Sekdes tahun 2019," tutur Hasan.

Padahal, Pulau Lantigiang termasuk dalam kawasan taman nasional.

“Pulau Lantigiang masuk dalam kawasan Taman Nasional Taka Bonerate," kata Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Jinato, Nur Aisyah Amnur.

Lalu, siapa sebenarnya pembeli Pulau Lantigiang?

Penelusuran Kompas TV menemukan nama Asdianti Baso yang terkait perusahaan wisata di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Profil LinkedIn Asdianti menunjukkan, ia adalah direktur PT Selayar Mandiri Utama dan Taka Bonerate Dive Resort. Sebelumnya, Asdianti adalah Sales Consultant sebuah perusahaan properti bernama Baso Bali Property.

Akun media sosial-nya menunjukkan, Asdianti dulu memang agen properti yang sering menjajakan villa di Bali.

Baca Juga: Gokil, Perempuan Lamongan Ini Lupa Pernah Membeli Rumah Rp1,5 Miliar

Pada 2016 Asdianti pernah menawarkan penyewaan sebuah villa di Bali dengan harga Rp 250 juta per tahun. Ia juga pernah menawarkan kompleks villa seluas 4,1 meter persegi seharga 2,75 juta dollar Amerika.

(Sumber: Facebook/Asdianti Baso)

Di berbagai media sosialnya, Asdianti pun sering memperlihatkan foto jalan-jalannya. Ia pernah jalan-jalan ke London, Singapura, Roma, dan Turki.

Pada Desember 2020 Asdianti sempat menghabiskan waktu di Istanbul, Erzurum. Ia juga sempat bermain ski di sebuah resort di Kota Erzurum, Turki.

Asdianti saat jalan-jalan ke Inggris. (Sumber: Twitter.com/balibaso)

Ia beberapa kali pula mengunggah kegiatan pesta bersama teman-temannya. Sebagiannya warga Indonesia, sebagian lagi adalah warga negara asing.

Dengan jejak digital seperti itu, tak heran Asdianti mampu membeli pulau Lantigiang, meski pulau itu berada dalam kawasan taman nasional.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x