Kompas TV nasional peristiwa

Merespon Usulan BPIP, Kemendikbud Pertimbangkan Mata Pelajaran Pancasila Masuk Kurikulum

Sabtu, 30 Januari 2021 | 13:44 WIB
merespon-usulan-bpip-kemendikbud-pertimbangkan-mata-pelajaran-pancasila-masuk-kurikulum
Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi X DPR, Kamis (28/1/2021). (Sumber: BPIP)

JAKARTA,KOMPAS.TV - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah mengkaji kemungkinan memasukan mata pelajaran Pancasila dalam kurikulum pendidikan mendatang.

Hal ini dilakukan atas usulan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) tentang pentingnya pendidikan Pancasila bagi peserta didik, dari sekolah sampai perguruan tinggi.

"Masukan BPIP saat ini, pendidikan Pancasila belum secara penuh masuk di kurikulum kita. Nanti kita bicarakan dalam konteks lebih lanjut untuk bisa mematangkan rencana ini," kata Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud (PAUD) Jumeri dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi X DPR, Kamis (28/1/2021).

Rapat yang dipimpin  Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda itu, membahas rancangan Peta Jalan Pendidikan 2035 dan revisi UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

Peta ini nantinya akan digunakan untuk mengatur langkah teknis,  turunan dari revisi UU Sisdiknas yang rencananya diajukan pemerintah tahun ini dan disahkan sebagai Peraturan Presiden (Perpres) pada Mei-Oktober 2021.

Baca Juga: BPIP Ajak Milenial Implementasikan Nilai Pancasila

Dalam rapat yang dilakukan virtual di Gedung DPR/MPR tersebut, Deputi Bidang Pengkajian dan Materi BPIP Adji Samekto mengatakan kecewa karena pendidikan Pancasila belum disertakan dalam kurikulum pendidikan.

Penulis : Elva Rini | Editor : Zaki Amrullah





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:34
KEMENHUB AKAN BUAT KEBIJAKAN UNTUK TERUS DORONG PENINGKATAN PERGERAKAN PESAWAT DI TENGAH PANDEMI   MENHUB BUDI KARYA SUMADI: PERGERAKAN PESAWAT DI INDONESIA TAHUN KEDUA PANDEMI COVID-19 SEMAKIN MEMBAIK   ANGGOTA KOMISI XI DPR MISBAKHUN TAK SETUJU SOAL RENCANA PENGENAAN PPN SEMBAKO DAN JASA PENDIDIKAN   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO: PERSIAPAN PEMBUKAAN PARIWISATA BAGI WISATAWAN MANCANEGARA SUDAH 90 PERSEN   PRESIDEN JOKOWI TARGETKAN PEMBUKAAN "TRAVEL CORRIDOR ARRANGEMENT" DAPAT TEREALISASI PADA JULI 2021   DINKES SEBUT KASUS AKTIF COVID-19 DI KABUPATEN BEKASI SAAT INI MENCAPAI 750 ORANG   KECAMATAN PAMULANG JADI WILAYAH DENGAN JUMLAH KASUS COVID-19 TERTINGGI DI TANGERANG SELATAN   DINKES: ADA 359 PASIEN COVID-19 DI TANGERANG SELATAN YANG SAAT INI MASIH MENJALANI ISOLASI MANDIRI   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.885: 4.053 SEMBUH, 204 MENINGGAL DUNIA, DAN 628 DALAM PERAWATAN   ANGGOTA KOMISI XI DPR ANIS BYARWATI: WACANA PEMERINTAH YANG AKAN KENAKAN PPN SEMBAKO TAK LOGIS DI MASA PANDEMI   NOVEL BASWEDAN AKUI SUDAH PERNAH MEMINTA HASIL TWK KPK, TETAPI TAK PERNAH DIBERIKAN DENGAN ALASAN RAHASIA   PENYIDIK SENIOR KPK NOVEL BASWEDAN SEBUT TWK JADI CARA PAMUNGKAS HABISI PEMBERANTASAN KORUPSI DI KPK   KEMENANG MENYATAKAN AKAN FOKUS UNTUK LOBI KUOTA DAN MEMPERSIAPKAN PELAKSANAAN HAJI TAHUN DEPAN   GABUNGAN PERUSAHAAN HAJI DAN UMRAH NUSANTARA BERHARAP ARAB SAUDI BUKA IBADAH HAJI PADA SEPTEMBER 2022