Kompas TV regional berita daerah

Guru Besar ITS Ciptakan Alat Deteksi Covid-19 Melalui Bau Keringat Ketiak

Kompas.tv - 30 Januari 2021, 13:17 WIB
Penulis : KompasTV Jember

SURABAYA, KOMPAS.TV - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Jawa Timur mengembangkan alat untuk mendeteksi virus corona melalui bau keringat ketiak. Hasil dari alat pendeteksi covid-19 itu diklaim lebih cepat dan akurat.

Alat pendeteksi covid-19 melalui bau keringat ketiak ini dikembangkan oleh Guru Besar ITS, Profesor  Riyanarto Sarno.

Alat yang diberi nama I-Nose C-19 itu merupakan inovasi teknologi yang  telah melalui tahap satu uji klinis. Riyanarto Sarno melibatkan tim pengembangan perangkat lunak berbasis kecerdasan buatan dari kalangan mahasiswa jenjang magister dan doktoral.

Baca Juga: Cara Kerja dan Kekurangan GeNose, Alat Deteksi Covid-19 Buatan UGM

Alat I-Nose C-19 sendiri merupakan alat screening covid-19 pertama di dunia, yang mendeteksi melalui bau keringat ketiak. Sistem kerja alat itu mengambil sampel bau keringat ketiak seseorang dan memprosesnya menggunakan artificial intelligence atau kecerdasan buatan.

Alat pendeteksi itu diklaim memiliki sejumlah kelebihan, yakni sampling dan proses berada dalam satu alat sehingga bisa langsung dilihat hasil screeningnya.

Alat itu juga dilengkapi fitur near-field communication  atau NFC, sehingga pengisian data cukup dengan menempelkan E-KTP pada alat deteksi cepat tersebut.

Alat itu menggunakan komponen teknologi yang murah dan tidak membutuhkan keahlian khusus dalam implementasinya. Rencananya  I-Nose C-19 akan diproduksi massal dengan  meningkatkan lagi data sampling-nya.

 

#AlatDeteksi #Covid-19 #VirusCorona #BauKeringat

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x