Kompas TV entertainment musik

BTS Jadi Bintang Korean Wave Terfavorit

Kompas.tv - 29 Januari 2021, 17:38 WIB
bts-jadi-bintang-korean-wave-terfavorit
BTS pada cover Majalah Time sebagai Entertainer of the Year 2020 (Sumber: Majalah Time)
Penulis : Rizky L Pratama

SOLO, KOMPAS.TV – Hallyu Wave atau Korean Wave sekarang menjadi salah satu budaya pop yang mendominasi dunia hiburan.

Baru-baru ini Kementrian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan bekerjasama dengan Yayasan Pertukaran Budaya Internasional Korea merilis hasil survei terkait selebriti Korea yang terkenal secara internasional.

Survei tersebut mempunyai diberi nama Hallyu Wave atau survey terhadap Korean Wave.

Responden yang berpatisipasi dalam survei tersebut merupakan konsumer konten budaya Korea Selatan dari 18 negara termasuk Amerika Serikat, China, hingga Jepang.

Baca Juga: BTS, BLACKPINK, dan NCT 127 Raih Penghargaan di APAN Music Awards 2020

Total 8.500 peserta menjawab sejumlah pertanyaan termasuk program TV, film, hingga music.

Berdasarkan survey daring yang diadakan mulai 24 September hingga 4 November 2020, BTS berada di pososo pertama penyanyi Korea Selatan terfavorit. Posisi BTS disusul oleh BLACKPINK dengan 13,5 persen responden, PSY di posisi ketiga dengan 2,9 persan, TWICE serta EXO di posisi keempat dan kelima.

Untuk survei aktor terfavorit, Lee Min Ho ada di posisi pertama dengan 9,6 responden diikuti Hyun Bin, Gong Yoo, Song Hye Kyo serta Lee Jong Suk di posisi lima besar.

Baca Juga: Judul 3 Drama Terbaik Park Seo Joon, Jeomju Sudah Nonton Belum?

Dikategori film, Parasite jadi yang paling favorit dengan 18,4 persen responden. Crash Landing on You juga jadi yang terfavorit untuk kategori drama.

Di antara semua konten Korean Wave yang diminati oleh publik internasional, drama Korea memuncaki voting dengan 29,7 persen. Disusul produk dan video kecantikan berada di posisi kedua, diikuti oleh variety show, dan fashion.

Survei tersebut juga mengungkap publik internasional lebih banyak menikmati drama Korea hingga variety show saat pandemi dibandingkan sebelumnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x