Kompas TV nasional update

Pemerintah Optimis Industri Baterai Lithium untuk Mobil Listrik di Indonesia Segera Beroperasi

Kompas.tv - 29 Januari 2021, 14:11 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah sangat percaya diri industri baterai lithium atau baterai untuk kendaraan listrik di Indonesia akan segera beroperasi.

Industri kendaraan listrik mampu membuat Indonesia menjadi motor bagi perkembangan industri di masa depan. Salah satu modal utama yang mendukung target ini adalah cadangan nikel yang melimpah.

Bahkan pemerintah sudah melarang ekspor nikel mentah ke luar negeri.

Sebelumnya Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, mengatakan produsen kendaraan listrik raksasa dunia Tesla akan berinvestasi di Indonesia.

Secara total investor, potensi investasi pabrik baterai mobil listrik mencapai Rp 142 triliun.

Salah satu kawasan industri yang dipromosikan adalah Batang, Jawa Tengah. Sebagai pemanis bagi investor, pada lima tahun pertama, tanah industriu disewakan secara gratis.

Mimpi mobil listrik selain investasi yang membuka lapangan kerja adalah "membirukan" langit Indonesia. Tetapi dalam proses produksinya, aspek lingkungan tetap harus dihitung.

Sampai saat ini, ada empat perusahaan besar yang segera merealisasi investasinya di Indonesia. Perusahaan ini suddah punya reputasi tinggi di industri mobil listrik terutama dari Tiongkok, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.