Kompas TV regional peristiwa

Ini Dia Dampak Erupsi Merapi di Klaten, Pakan Ternak Warga Tertutup Abu

Jumat, 29 Januari 2021 | 06:30 WIB

KLATEN, KOMPAS.TV - Sejumlah wilayah di Desa Tegalmulyo, Klaten, Jawa Tengah tertutup abu yang cukup tebal.

Sayuran dan rumput pakan ternak milik  warga juga terdampak abu.

Desa ini terletak sekitar 5 kilometer dari puncak merapi. Sebagian warga kembali beraktivitas  pada siang hari, dan kembali ke pengungsian di malam hari. Warga diminta untuk tetap waspada.

Sejumlah petugas, terjun langsung mengimbau para petambang dan sopir truk, di Sungai Woro, Desa Sidorejo, Klaten, Jawa Tengah.

Selebaran berisi imbauan, dibagikan agar para petambang dan sopir truk mewaspadai banjir lahar hujan, yang bisa muncul sewaktu-waktu.

Sungai Woro dinilai rawan banjir lahar hujan, mengingat jarak sungai yang cukup dekat dari puncak Merapi.

Hingga Kamis aktivitas vulkanik gunung merapi terpantau masih terjadi.

Pasca guguran awan panas Gunung Merapi, warga di Magelang, Jawa Tengah mulai beraktivitas. 

Meski demikian sejumlah warga mengaku khawatir dan tetap waspada dengan membatasi kegiatan.

Sementara di Banyuwangi, Jawa Timur, aktivitas vulkanik Gunung Raung terpantau masih mengeluarkan awan panas, dan statusnya waspada tingkat dua.

BPBD setempat menyiapkan jalur evakuasi dan pengungsian, bagi warga yang tinggal di sekitar lereng Gunung Raung.

Empat kecamatan yakni Kecamatan Kalibaru, Glenmor, Sempu, dan Kecamatan Songgon, adalah kawasan rawan terdampak erupsi Gunung Raung.

 
 

Penulis : Merlion Gusti





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:21
PTPN III BERI APRESIASI ATAS TERCAPAINYA KESEPAKATAN RESTRUKTURISASI KEUANGAN YANG DILAKUKAN KEMENTERIAN BUMN   MENTERI BUMN ERICK THOHIR SEBUT RESTRUKTURISASI KEUANGAN PTPN SUDAH RAMPUNG   KEMENTERIAN BUMN YAKINKAN LEBIH DARI 50 KREDITOR UNTUK RESTRUKTURISASI PINJAMAN PTPN III HINGGA RP 41 TRILIUN   MENAKER LUNCURKAN POSKO THR UNTUK MEMANTAU DAN MENGATASI MASALAH PEMBERIAN THR   KEMENDESA PDTT TERUS GIATKAN SOSIALISASI LARANGAN MUDIK LEBARAN DEMI KESEHATAN BERSAMA    PEMPROV DKI JAKARTA BUKA VAKSINASI UNTUK PELAKU EKONOMI KREATIF, DARI PEMUSIK HINGGA PENGUSAHA KULINER   MENAG DORONG APARAT PENEGAK HUKUM TINDAK PELAKU UJARAN KEBENCIAN YANG MENGARAH KE PENISTAAN AGAMA   WALI KOTA DEPOK MOHAMMAD IDRIS: PEMKOT DUKUNG PENGUSUTAN DUGAAN KORUPSI DAMKAR DEPOK   SATPOL PP DIRIKAN 8 POSKO DI PASAR TANAH ABANG UNTUK PANTAU PELANGGARAN PROTOKOL KESEHATAN   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN MINTA PEMERINTAH CARI SOLUSI CEGAH PERKAWINAN ANAK   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN DORONG KEMENTERIAN PPPA, KPAI, BPS PETAKAN DAERAH YANG BANYAK PERKAWINAN ANAK   PEMKOT BANDUNG MENYATAKAN 50 PERSEN TENAGA PENDIDIK TELAH DIVAKSINASI COVID-19   BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI KEMBANGKAN BERBAGAI TEKNOLOGI MITIGASI PERUBAHAN IKLIM   MENTERI PPPA DORONG FORUM ANAK DAPAT DIBENTUK HINGGA KE TINGKAT KECAMATAN DAN DESA