Kompas TV regional berita daerah

Buka Kursus Daring Dekorasi Puding, Pundi Rupiah Baru Saat Pandemi

Kompas.tv - 28 Januari 2021, 22:30 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Pandemi covid-19 menjadi momok bagi pelaku usaha kecil, tak jarang usaha mereka mangkrak bahkan gulung tikar. Tapi di Jember Jawa Timur, ada cerita inspiratif dari seorang pelaku UMKM. Ia membuka kursus virtual seni dekorasi puding hingga menjadi pundi rupiah baru.

Berbulan bulan sudah pandemi covid-19 mencekik nafas pemilik usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Demikian juga yang dirasakan Mochammad Sholihin alias Emsho, perajin sekaligus pengajar seni puding dekorasi atau jelly art, asal Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.

Larangan berkerumun membuat sejumlah kegiatan warga dibatasi. Dampaknya permintaan pesanan puding pun menyusut dibanding sebelum masa pagebluk.

Alat-alat tempur milik milik Emsho juga lama tersisih seiring banyaknya agenda kursus di luar kota yang terpaksa batal dan tertunda.

Sebelum pandemi, Emsho biasa mengajar kelas jelly hias di sejumlah kota besar seperti Jakarta, Semarang dan Surabaya.

Baca Juga: Ini Siasat Pelaku UMKM Bertahan di Saat Pandemi Covid-19

Bagi Emsho pil pahit pandemi mungkin telah melumpuhkan sebagian orang, namun bagi dia selalu ada celah jika mau berusaha.

Ia pun menyulap kesulitan menjadi peluang, kelas konvensional tatap muka pun diubahnya menjadi kelas online atau virtual dari rumah.

Kursus jarak jauh kini membuka peluang baru, tanpa perlu banyak bermigrasi dan tanpa perlu khawatir terpapar virus yang mematikan.

Kini kelas onlinenya tak hanya diminati murid dari dalam negeri saja, tapi juga dari beberapa negara, seperti Malaysia, Kanada, Iran dan Singapura.

Baca Juga: Ini Siasat Pengusaha Kuliner Tingkatkan Omzet Saat Pandemi COvid-19

Kelas online jelly art masa pandemi itu dibanderol dari harga 500 ribu hingga 1 juta rupiah, tergantung materi, tingkat kelas dan level kemahiran murid.

Emso berkeyakinan bahwa pandemi boleh jadi menggempur kita tiada henti, namun sebagai salah satu penggerak ekonomi nasional, UMKM harus mampu mengimbangi dengan keuletan, ketangguhan, semangat serta memperkaya inovasi.

 

#KursusDaring #JellyArt #Dekorasi #Puding #UmkmBangkit #PandemiCovid-19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.