Kompas TV nasional peristiwa

Wismoyo Arismunandar Meninggal Dunia, Punya Karir Cemerlang di TNI AD dan juga Ipar Soeharto

Kompas.tv - 28 Januari 2021, 15:18 WIB
wismoyo-arismunandar-meninggal-dunia-punya-karir-cemerlang-di-tni-ad-dan-juga-ipar-soeharto
Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar pada acara HUT Kopassus ke 47 di Jakarta. (Sumber: KOMPAS/JOHNNY TG (JPE)
Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Jenderal (Purn) TNI Wismoyo Arismunandar meninggal dunia pagi tadi. Wafat pada usia 80 tahun, eks Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) itu ternyata memiliki perjalanan karir cemerlang di korps TNI AD.  

Disarikan dari Kompas.com, Kamis (28/1/2021), karier cemerlang Wismoyo Arismunandar yang lahir di Bondowoso, Jawa Timur pada  10 Februari 1940 itu dimulai usai lulus dari Akademi Militer (Akmil) tahun 1963.

Mentas dari Akmil, karir militer Wismoyo cepat melesat. Setidaknya pernah mengemban lima jabatan penting di Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) waktu itu, khususnya di matra darat.

Baca Juga: Wismoyo Arismunandar Gemilang saat Pimpin KONI dan PJSI

Kelimanya yakni Pangdam XVII/Trikora pada tahun 1986 dan Pangdam IV/Diponegoro tahun 1989. Setelah memimpin dua Kodam tersebut, karier Wismoyo kian menanjak.

Dia kemudian menjabat sebagai Pangkostrad pada 1990, dua tahun berikutnya, ia ditunjuk menjadi Wakil KASAD (Wakasad).

Baca Juga: Jenderal (purn) Wismoyo Arismunandar Akan Dimakamkan di Komplek Pemakaman Keluarga Cendana
Puncak karier Wismoyo adalah sebagai KASAD periode 1993-1995 atau fase-fase menjelang akhir pemerintahan Orde Baru. Di posisi inilah Wismoyo mengakhiri masa dinasnya sebagai bagian dari TNI.

Tidak hanya cemerlang pada karir militer, Wismoyo Arismunandar juga dikenal mempunyai pengaruh besar dalam terciptanya kekompakan semua staf TNI, baik dengan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), maupun Kapolri.

Tak hanya getol dalam urusan bala militer, Wismoyo juga pernah mengemban Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x