Kompas TV nasional kesehatan

Waspada Penyakit Menular yang Rawan Menyerang Usai Banjir

Kamis, 28 Januari 2021 | 13:32 WIB
waspada-penyakit-menular-yang-rawan-menyerang-usai-banjir
ilustrasi banjir yang menggenangi pemukiman warga (Sumber: KOMPAS.COM/ADITYA MAULANA)

SOLO, KOMPAS.TV - Puncak musim hujan dengan intensitas curah hujan yang tinggi dapat memicu terjadinya banjir. Sulitnya akses air bersih dan lingkungan yang kotor usai terjadi banjir, dapat meningkatkan risiko infeksi dan penularan penyakit.

Jika daya tahan tubuh tidak terjaga, maka perlu waspada terhadap jenis-jenis penyakit di musim banjir yang kerap muncul.

Baca Juga: Banjir Merendam 4 Kecamatan di Bekasi

Beberapa penyakit menular yang rawan terjadi setelah banjir di antaranya:

1. Tifus

Penyakit tifus atau demam tifoid disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Melansir Halodoc, infeksi bakteri ini dapat menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi dan melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.

Penyakit ini biasanya ditandai dengan beberapa gejala seperti sakit kepala, mual, demam, diare, dan hilangnya nafsu makan. Buruknya sanitasi dan minimnya akses air bersih saat banjir membuat penyakit tifus rentan menular saat banjir.

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:54
IKUTI WEBINAR "BERPARTNER DENGAN MEDIA" BERSAMA TIM HARIAN KOMPAS, DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID!   SATGAS NEMANGKAWI: CEPAT ATAU LAMBAT KKB PASTI TERTANGKAP   100 PERSONEL SATGAS NEMANGKAWI HADIR DI DISTRIK BEOGA, PUNCAK, PAPUA, LINDUNGI MASYARAKAT DARI KKB   BUPATI TEGAL UMI AZIZAH MINTA WARGA AMBIL SISI POSITIF DARI LARANGAN MUDIK LEBARAN   KAKORLANTAS POLRI SEBUT JIKA ADA MASYARAKAT YANG NEKAT MUDIK PADA 6-17 MEI 2021 MAKA POLISI AKAN MENINDAK   POLRI AKAN MELAKUKAN PENYEKATAN DI 333 TITIK DI TOL DAN JALAN ARTERI DARI LAMPUNG-BALI SELAMA PELARANGAN MUDIK   SATGAS COVID-19 MINTA PEMDA TEGAS MELARANG WARGA MUDIK GUNA TEKAN ANGKA PENULARAN KORONA   SATGAS COVID-19: LARANGAN MUDIK LEBARAN BERLAKU 6-17 MEI 2021   SATGAS COVID-19 SEBUT PENGEMBANGAN VAKSIN MERAH PUTIH TETAP BERJALAN MESKI KEMENRISTEK DILEBUR DENGAN KEMENDIKBUD   MASIH BERSTATUS ZONA ORANYE, PEMKOT BOGOR WASPADAI LONJAKAN KASUS COVID-19 SELAMA BULAN PUASA   DIRJEN PAUD KEMENDIKBUD SEBUT DIGITALISASI SEKOLAH BAKAL JADI ARAH PENDIDIKAN INDONESIA HINGGA 2035   MULAI 2022, KEMENDIKBUD AKAN MEMBUAT RAPOR DARING DI BEBERAPA SEKOLAH YANG MASUK DALAM PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK   PEMBANGUNAN PROYEK LITTLE TOKYO JABABEKA DI ATAS LAHAN SELUAS 4,6 HEKTAR DIMULAI AKHIR TAHUN INI   KKP SEBUT LARANGAN EKSPOR BENIH LOBSTER UNTUK MENGGALAKKAN BUDIDAYA LOBSTER GUNA TINGKATKAN EKSPOR LOBSTER