Kompas TV regional berita daerah

Siswa SMK Berinovasi Hasilkan Cokelat Daun Kelor

Kompas.tv - 27 Januari 2021, 19:54 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

KEDIRI, KOMPAS.TV - Sejumlah siswa di kabupaten Kediri berhasil mengkreasikan daun kelor menjadi cokelat yang nikmat.  Rasanya yang lezat membuat produk cokelat kelor itu laris terjual ke berbagai daerah di Indonesia.

Pembelajaran tatap muka di kabupaten Kediri masih ditiadakan, namun sejumlah siswa dari SMK Global Mandiri ini justru tetap produktif. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, 4 orang siswa ini setiap harinya rutin memproduksi cokelat kelor.

Berawal dari tugas sekolah di awal tahun 2020 lalu, para murid tersebut kini justru sukses berbisnis coklat kelor. Melimpahnya pohon kelor di sekitar lingkungan menjadi alasan para siswa menggunakan daun kelor sebagai bahan baku utama.

Rasa cokelat kelor yang lezat membuat jajanan ini digemari anak-anak. Kini setiap bulannya tidak kurang dari 100 potong cokelat laku terjual ke berbagai daerah di Indonesia.

Berkat usaha cokelat kelor itu, para siswa lebih produktif di masa pandemi corona. Tidak hanya itu, penghasilan jutaan rupiah juga mampu didapatkan setiap bulannya.

Dalam proses pembuatan, daun kelor terlebih dahulu dihaluskan dan dikeringkan hingga menjadi serbuk. Setelah itu, serbuk daun kelor baru bisa dicampur dengan cokelat batang.

Selain cokelat kelor, para siswa dari SMK Global Mandiri kediri ini juga memproduksi kopi kelor. Melalui aneka produk kelor tersebut, diharapkan warga dapat mengerti dan mendapatkan manfaat kesehatan dari daun kelor.

#Kediri #Kuliner #Cokelat #Kelor #Inovasi #Beritakediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x