Kompas TV regional berita daerah

Harga Telur Terus Turun, Ribuan Peternak Terancam Bangkrut

Rabu, 27 Januari 2021 | 19:47 WIB

BLITAR, KOMPAS.TV - Ribuan peternak ayam petulur di Blitar terancam gulung tikar setelah harga telur terus anjlok. Kondisi itu diperparah dengan terus meningkatnya harga pakan ayam dan doc atau bibit ayam petelur yang juga mahal.

Sejak akhir tahun 2020 lalu harga telur ayam di tingkat peternak di blitar terus mengalami penurunan. Bahkan telur ayam sempat menyentuh harga terendah yakni 16.500 per kilogram.

Kondisi tersebut membuat para peternak mengalami kerugian jutaan rupiah. Murahnya harga telur tersebut disebabkan karena kurang terserapnya telur ayam akibat adanya pembatasan sosial.

Menurut peternak penurunan permintaan telur ayam mencapai 30 persen. Kondisi itu membuat ketersedian telur melimpah dan membuat harga anjlok.

Selain permasalahan rendahnya harga jual kini peternak juga dibingungkan oleh mahalnya harga pakan ayam. Saat ini pakan ayam petelur mencapai harga 6300 rupiah per kilogram. Dengan kondisi tersebut biaya produksi jauh lebih besar daripada pendapatan yang diterima peternak.

Selain pembatasan sosial adanya perubahan bentuk bantuan sosial dari bahan pangan menjadi uang tunai juga menjadi penyebab berkurangnya permintaan telur. Sehingga terus memicu anjloknya harga jual.

Kini para peternak berharap pemerintah dapat memberikan solusi atas rendahnya harga jual dan mahalnya pakan ayam tersebut.

#Blitar #Harga #Telur #Anjlok #Bansos #BeritaKediri

Penulis : KompasTV Kediri




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:37
GELEDAH APARTEMEN DALAM KASUS DUGAAN KORUPSI ASABRI, KEJAKSAAN AGUNG SITA 36 LUKISAN BERLAPIS EMAS   TELUSURI DUGAAN SUAP, KPK BENARKAN TELAH MINTA DIRJEN IMIGRASI CEGAH MANTAN PEGAWAI DITJEN PAJAK PERGI KE LUAR   PRESIDEN JOKO WIDODO MENYATAKAN "POSITIVITY RATE" KASUS KORONA DI INDONESIA TERUS MENURUN   PRESIDEN JOKOWI IMBAU MASYARAKAT INDONESIA TIDAK PERLU KHAWATIR DENGAN VARIAN BARU VIRUS KORONA   PRESIDEN JOKO WIDODO: BELUM ADA BUKTI VARIAN BARU VIRUS KORONA LEBIH MEMATIKAN   JPU: DJOKO TJANDRA TERBUKTI MENYUAP JAKSA PINANGKI, IRJEN NAPOLEON, DAN BRIGJEN PRASETIJO DALAM KASUS "RED NOTICE"   JAKSA TUNTUT 4 TAHUN PENJARA DAN DENDA RP 100 JUTA TERHADAP DJOKO TJANDRA DALAM KASUS SUAP "RED NOTICE" DAN FATWA MA   GARUDA SEDIAKAN LAYANAN TES CEPAT ANTIGEN GRATIS BAGI PENUMPANG RUTE DOMESTIK SELAMA BULAN MARET 2021   KEJATI KEPULAUAN RIAU DAN KKP TENGGELAMKAN 6 KAPAL ASING BERBENDERA VIETNAM YANG MENCURI IKAN DI KEPULAUAN RIAU   SEMPAT DITUNDA, LAGA UJI COBA TIM NASIONAL SEPAK BOLA U-23 MELAWAN P-S TIRA PERSIKABO DIGELAR JUMAT, 5 MARET 2021   PRESIDEN JOKO WIDODO AJAK MASYARAKAT CINTA PRODUK DALAM NEGERI AGAR PRODUK LOKAL BISA KUASAI PASAR INDONESIA   HINGGA SAAT INI SUDAH 36.897 ORANG MENINGGAL AKIBAT TERPAPAR COVID-19 DI INDONESIA   RAPIMNAS PARTAI GOLKAR AKAN MEMBAHAS PEMULIHAN KESEHATAN DI TENGAH COVID-19 DAN EKONOMI NASIONAL   PARTAI GOLKAR AKAN MENGGELAR RAPIMNAS SECARA VIRTUAL PADA TANGGAL 5-6 MARET 2021