Kompas TV bbc bbc indonesia

Virus Nipah: Bagaimana Manusia Bisa Terjangkit?

Rabu, 27 Januari 2021 | 13:24 WIB
virus-nipah-bagaimana-manusia-bisa-terjangkit
Ilustrasi kawanan kelelawar. (Sumber: KOMPAS.COM/SHUTTERSTOCK)

JAKARTA, KOMPAS.TV – BBC melaporkan adanya kemungkinan pandemi baru yang disebabkan oleh virus Nipah. Virus ini dibawa oleh kelelawar buah, yang merupakan inang alaminya.

"Ini sangat mengkhawatirkan karena belum ada obatnya... dan tingkat kematian yang disebabkan virus ini tinggi," kata Wacharapluesadee. Tingkat kematian virus Nipah berkisar antara 40 hingga 75 persen, tergantung lokasi terjadinya wabah.

Baca Juga: Virus Nipah: Apakah Bakal jadi Pandemi Selanjutnya?

Lalu bagaimana virus Nipah tersebut bisa menjangkiti manusia?

Manusia bisa terpapar virus Nipah melalui kontak dengan kelelawar yang setiap interaksinya dapat dianggap sebagai “interaksi berisiko tinggi”.

Menurut Veasna Duong, kepala unit virologi di laboratorium penelitian Institut Pasteur di Phnom Penh dan kolega Wacharapluesadee. Itu berarti, lompatan penyakit ke manusia sangatlah mungkin.

"Paparan seperti ini dapat menyebabkan virus bermutasi, yang dapat menyebabkan pandemi," kata Duong.

Penulis : Rizky L Pratama





BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Vaksinasi Warga Medan Berlanjut

Sabtu, 10 April 2021 | 11:39 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
11:48
BMKG MEMPREDIKSI SEBAGIAN WILAYAH JABODETABEK AKAN HUJAN DENGAN INTENSITAS RINGAN PADA SORE HARI INI   MOTOGP INDONESIA DI SIRKUIT MANDALIKA, NTB, RESMI DIGELAR PADA 2022   PEMERINTAH TIONGKOK MENGHENTIKAN PENDAFTARAN SEKOLAH BISNIS YANG DIDIRIKAN OLEH PENDIRI ALIBABA GROUP JACK MA   PEMERINTAH MEMBUKA JALUR FORMASI BAGI LULUSAN TERBAIK DAN DISABILITAS DALAM SELEKSI CPNS 2021   KETUA KOMISI X DPR SYAIFUL HUDA USULKAN PENGGABUNGAN KEMRISTEK KE KEMDIKBUD DIIKUTI DENGAN PENUNJUKAN WAKIL MENTERI   PEMPROV DKI MEMPERPANJANG JAM OPERASIONAL RESTORAN DAN RUMAH MAKAN SEPANJANG BULAN RAMADAN 2021   MENAG SEBUT SYARAT UMRAH HARUS DISUNTIK VAKSIN COVID-19 YANG BERSERTIFIKAT WHO   WARGA LANSIA DI DEPOK AKAN DIANTAR JEMPUT JIKA MENDAFTARKAN DIRI UNTUK VAKSINASI COVID-19 DI RSUI HINGGA 13 APRIL 2021   KEPALA BNPB MINTA TEMPAT RELOKASI KORBAN BENCANA NTT SEGERA DISIAPKAN   KASATPOL PP DKI ARIFIN TEGASKAN MASYARAKAT YANG INGIN BERJUALAN TAKJIL SELAMA BULAN RAMADAN HARUS PATUHI PROKES   KEMENKES: ADA 17 LABORATORIUM YANG BISA DIGUNAKAN UNTUK MENDETEKSI MUTASI COVID-19 DI INDONESIA   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA: TUGU SEPEDA SENILAI RP 800 JUTA YANG DITENGAH DIBANGUN UNTUK TEMPAT SWAFOTO MILENIAL   LAYANAN BUS AKAP DITUTUP PADA 6-17 MEI 2021, TERMINAL TANJUNG PRIOK HANYA LAYANI RUTE JABODETABEK   WAPRES MA’RUF AMIN ANJURKAN TAK GELAR SHALAT TARAWIH DI MASJID ZONA MERAH COVID-19