Kompas TV nasional update

Sumpah Listyo Sigit jadi Kapolri: "Demi Tuhan yang Maha Esa, Saya Menyatakan..."

Rabu, 27 Januari 2021 | 10:27 WIB
sumpah-listyo-sigit-jadi-kapolri-demi-tuhan-yang-maha-esa-saya-menyatakan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya melantik Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). Pelantikan digelar di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (27/1/2021). (Sumber: Kompas TV)

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Listyo Sigit Prabowo akhirnya resmi dilantik sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) oleh Presiden Joko Widodo, pada Rabu (27/1/2021). 

Diselenggarakan di Istana Kepresidenan, Jakarta, pukul 09.30 WIB, proses pelantikan diawali dengan pembacaan surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia. 

Isi pokok Keppres itu adalah mengangkat Sigit sebagai Kapolri serta memberhentikan dengan hormat Kapolri terdahulu, Jenderal Idham Azis. 

Tentunya dalam acara pelantikan Kapolri tersebut juga ada pengucapan sumpah jabatan. Dimulai dengan panduan Bapak Presiden, "harap saudara mengikuti dan mengulangi kata-kata saya," beginilah bunyi sumpah yang dibacakan Sigit tersebut:

"Demi Tuhan Yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara". 

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi Tribrata." 

Penulis : Eddward S Kennedy





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:22
WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA MINTA PENGUSAHA BERIKAN THR KE KARYAWAN TEPAT WAKTU   MENTERI PPPA: PEREMPUAN TULANG PUNGGUNG PEMULIHAN SOSIAL EKONOMI DI MASA PANDEMI COVID-19   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN ANJURKAN AGAR TAK ADA AKTIVITAS BUKA PUASA BERSAMA DI MASJID   MASJID ISTIQLAL DIBUKA UNTUK IBADAH SHALAT TARAWIH, MAKSIMAL 2.000 ORANG JEMAAH   KEMENTERIAN PPPA DORONG SATUAN PENDIDIKAN SEMAKIN RAMAH TERHADAP ANAK DAN REMAJA   KEMENPAREKRAF BERENCANA JADIKAN SEJUMLAH DESA WISATA SEBAGAI PERCONTOHAN PENERAPAN TES GENOSE   MENHAN PRABOWO SUBIANTO HARAP RI-KOREA SELATAN DAPAT MEMPERKUAT KERJA SAMA INDUSTRI BIDANG PERTAHANAN   MPR HARAP JURNALIS BERI OPTIMISME KEPADA MASYARAKAT UNTUK BISA BANGKIT DAN HADAPI PANDEMI COVID-19   POLISI IMBAU TERDUGA TERORIS YANG MASUK DALAM DPO UNTUK MENYERAHKAN DIRI AGAR MEMUDAHKAN PROSES HUKUM   POLRI: 12 TERDUGA TERORIS YANG DITANGKAP DI JAKARTA BELUM TERAFILIASI DENGAN KELOMPOK TERORIS JAD ATAUPUN JI   PEMKOT DEPOK LARANG KEGIATAN BUKA PUASA BERSAMA SAAT RAMADAN DI LEMBAGA PEMERINTAH HINGGA MASJID   PEMKOT BANDUNG LARANG WARGA GELAR "SAHUR ON THE ROAD" SELAMA RAMADAN   KEPALA BNPB MINTA WARGA RENTAN TERTULAR COVID-19 DIPRIORITASKAN DALAM PENANGANAN BENCANA NTT   DISHUB DKI: PELAYANAN BUS AKAP DITIADAKAN SAAT LARANGAN MUDIK LEBARAN BERLAKU, YAKNI 6-17 MEI 2021