Kompas TV nasional peristiwa

Jenderal Listyo Sigit Prabowo Resmi Jadi Kapolri

Rabu, 27 Januari 2021 | 10:01 WIB
jenderal-listyo-sigit-prabowo-resmi-jadi-kapolri
Upacara pelantikan Jenderal Listyo Sigit Prabowo jadi Kapolri (sumber: Kompas.TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo melantik Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjadi Kepala Kepolisian Republik Indonesia, di Istana Merdeka, Rabu (27/1/2021). Dengan demikian, Listyo sah memegang komando di Trunojoyo 1, sebutan untuk Mabes Polri.

Jenderal Listyo diambil sumpah oleh presiden setelah ditanyakan agama dan kesanggupannya diambil sumpah. Listyo disumpah secara Kristen sesuai agama yang dianut. Salah satu bunya sumpah yang dibacakan oleh Presiden berbunyi, "Akan menjunjung tinggi etika jabatan dan bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab."

Baca Juga: Presiden Jokowi akan Lantik Komjen Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri Hari Ini, Rabu 27 Januari 2021

Setelah itu, dibacakan petikan keputusan presiden mengenai kenaikan pangkat satu tingkat menjadi Jenderal polisi. "Kenaian pangkat golongan TNI/Polri,  menaikan satu pangkat lebih tinggi atas nama Drs Komjen Listyo Sigit Prabowo M.si menjadi Jendela polisi terhitung tanggal ditetapkan," begitu bunyi petikan keputusannya. Keputusan ditetapkan di Jakarta pada 27 Januari 2021.

Saat uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi III DPR, banyak janji yang diucapkan oleh Kabareskrim Polri ini. Salah satunya adalah janji untuk menegakkan hukum secara adil.  


"Sebagai contoh ke depan, tidak boleh lagi ada hukum hanya tajam ke bawah tapi tumpul ke atas. Tidak boleh lagi ada kasus Nenek Minah yang mencuri kakao kemudian diproses hukum karena hanya untuk mewujudkan kepastian hukum. Tidak boleh lagi ada seorang ibu yang melaporkan anaknya kemudian ibu tersebut diproses dan sekarang berlangsung prosesnya dan akan masuk ke persidangan," kata Sigit menjawab pertanyaan anggota Komisi III DPR, di Komplek Parlemen, Rabu (23/1/2021).

Baca Juga: Rabu 27 Januari 2021, Idham Azis Serahkan Jabatan Kapolri ke Listyo Sigit Prabowo

Penulis : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Sosial

Pernikahan Sesuai Syariat Islam

Rabu, 14 April 2021 | 21:41 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
22:17
KEJARI SUDAH PERIKSA ENAM ORANG SOAL DUGAAN KORUPSI DAMKAR DEPOK   CEGAH TAWURAN, POLISI KOTA TANGERANG TINGKATKAN PATROLI DAN ANCAM PELAKU TAK BISA LEBARAN DI RUMAH   KOMPOLNAS BERHARAP APLIKASI SINAR ATAU SIM PRESISI NASIONAL DAPAT MENGURANGI POTENSI PUNGLI DAN KORUPSI   KORLANTAS POLRI LUNCURKAN APLIKASI SINAR ATAU SIM PRESISI NASIONAL UNTUK BANTU PEMBUATAN SIM SECARA DARING   PRESIDEN JOKOWI DUKUNG KEJURNAS BALAP MOTOR BEBEK PIALA PRESIDEN SAAT TERIMA PENGURUS IKATAN MOTOR INDONESIA (IMI)   PT WIKA: JALAN TOL SERANG-PANIMBANG AKAN DIBUKA SECARA FUNGSIONAL PADA LEBARAN TAHUN INI   KEMENPERIN MENCATAT PERTUMBUHAN EKONOMI DIGITAL INDONESIA MENCAPAI 11 PERSEN SELAMA PANDEMI COVID-19   JENDERAL (PURN) GATOT NURMANTYO MENYATAKAN IKUT MENJADI RELAWAN UJI KLINIS VAKSIN NUSANTARA    MENHUB BUDI KARYA SUMADI MINTA LRT JAKARTA TERUS BERINOVASI MEMBANGUN SISTEM TRANSPORTASI TERINTEGRASI   MENHUB BUDI KARYA SUMADI: PENGGUNAAN TRANSPORTASI PERKOTAAN MENINGKAT SELAMA PANDEMI COVID-19   SUDIN PERTAMANAN DAN HOTAN KOTA JAKUT SEBUT SEBANYAK 64 PETAK MAKAM DI TPU ROROTAN SUDAH TERISI   KOMISI IX DPR MENYATAKAN TAK PERNAH BERSEPAKAT SECARA KOLEKTIF UNTUK MENGIKUTI UJI KLINIS VAKSIN NUSANTARA   SOAL VAKSIN NUSANTARA, JUBIR SATGAS COVID-19 WIKU ADISASMITO TEGASKAN HARUS IKUTI KAIDAH ILMIAH DAN STANDAR WHO   SATGAS COVID-19 TEGASKAN KEWENANGAN PENGHENTIAN UJI VAKSIN NUSANTARA DI TANGAN BPOM