Kompas TV TALKSHOW b-talk

SWF Sangat Diperlukan di Indonesia - BUSINESS TALK (Bag 3)

Rabu, 27 Januari 2021 | 00:18 WIB

JAKARTA. KOMPAS.TV - Chairman Creador Capital Group Darwin Cyril Noerhadi mengatakan pembentukan Sovereign Wealth Fund (SWF) atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI) sangat diperlukan bagi Indonesia saat ini. Darwin menyampaikan adanya peningkatan kebutuhan pembiayaan dalam lima tahun terakhir.

Di saat yang sama, Foreign Direct Investment (FDI) atau investasi asing langsung di Indonesia relatif stagnan di angka Rp 400 triliun. Catatan tersebut tidak mampu memenuhi kebutuhan pembiayaan infrastruktur dalam negeri.

Darwin menilai keberadaan LPI akan menarik minat investasi asing lantaran adanya satu lembaga terpercaya yang memiliki kepastian hukum. Kata Darwin, pembentukan LPI merupakan hal yang lumrah di negara-negara lain. Bahkan, ada negara yang memiliki lebih dari satu LPI seperti Singapura. 

"Ada 122 LPI di seluruh dunia dengan total aset 8 triliun dolar AS," ucap Darwin.

Darwin menjelaskan tujuan pembentukan LPI di sejumlah negara berbeda-beda. Untuk Norwegia, UEA, Arab Saudi, dan Kuwait, tujuan pembentukan LPI untuk mengelola surplus dari sumber daya alam, investasi jangka panjang, tujuan wealth creation di masa yang akan datang. Sementara China, Korsel, dan Singapura, ingin berinvestasi jangka panjang pada aset privat maupun publik.

"Australia dan Selandia Baru tujuannya menghasilkan pengembalian stabil jangka waktu panjang pada portofolio multisektor. Sedangkan Filipina dan India untuk mendukung pembangunan ekonomi domestik dan membawa investor swasta lokal dan asing," ungkap Darwin. 

Sementara Indonesia, kata Darwin, akan secara bersama melakukan investasi dengan mitranya, mengelola investasi selama jangka waktu yang disepakati, dan akhirnya merealisasikan nilai tambah. Pada tahun pertama, ucap Darwin, apabila dibeli dari salah satu BUMN, baik mayoritas atau minoritas, dana yang diperoleh dapat langsung diinvestasikan ulang oleh BUMN tersebut.

Penulis : Yudho Priambodo




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:50
INDONESIA BERSAMA SINGAPURA BANGUN KAWASAN EKONOMI DIGITAL DAN TEKNOLOGI DI BATAM   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY MINTA KELUARGA MISKIN DENGAN IBU HAMIL DAN ANAK “STUNTING” MASUK DAFTAR PENERIMA PKH   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY SEBUT PENANGANAN KEMISKINAN KUNCI MENURUNKAN KASUS "STUNTING"   MENKO PMK RESMIKAN PUSAT PENANGGULANGAN GIZI TERPADU DI KABUPATEN BANTAENG, SULAWESI SELATAN   TEKAN HARGA CABAI RAWIT MERAH, KEPALA SUDIN KPKP IWAN INDRIYANTO TELAH BERKOORDINASI DENGAN KEMENTAN   SUDIN KPKP: HARGA RATA-RATA CABAI RAWIT MERAH DI PASAR TRADISIONAL DI JAKARTA BARAT MELONJAK HINGGA DUA KALI LIPAT   KEMENAG TINDAK LANJUTI RENCANA PENINGKATAN STATUS PERATURAN BERSAMA SOAL KERUKUNAN UMAT BERAGAMA JADI PERPRES   MULAI HARI INI, VAKSINASI COVID-19 “DRIVE THRU” BAGI LANSIA RESMI BEROPERASI DI JIEXPO KEMAYORAN   EPIDEMIOLOG GRIFFITH UNIVERSITY DICKY BUDIMAN MENYATAKAN VARIAN BARU COVID-19 B.1.1.7 LEBIH CEPAT MENULAR   SATGAS COVID-19 TERAPKAN ISOLASI BERLAPIS PADA DUA KASUS POSITIF COVID-19 B.1.1.7 UNTUK MENCEGAH TERJADINYA PENULARAN   GENCARKAN PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN, KETUA DPR MENINJAU SEJUMLAH DESTINASI WISATA DI BANYUWANGI, JATIM   MULAI APRIL 2021, PETUGAS PELAYANAN PUBLIK DI JAKARTA BARAT AKAN MENERIMA VAKSIN COVID-19   MENKES: VAKSINASI COVID-19 DI INDONESIA HARUS MENCAPAI 70 PERSEN ATAU SASARAN TARGET SEBANYAK 181 JUTA ORANG   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: SEBANYAK 20 PERSEN PENDUDUK BISA DISUNTIK VAKSIN COVID-19 HINGGA JUNI 2021