Kompas TV TALKSHOW b-talk

Proyek Banyak, Dana Cekak? SWF Jadi Tumpuan - BUSINESS TALK (Bag 1)

Rabu, 27 Januari 2021 | 00:17 WIB

JAKARTA. KOMPAS.TV - Chairman Creador Capital Group Darwin Cyril Noerhadi mengatakan pembentukan Sovereign Wealth Fund (SWF) atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI) sangat diperlukan bagi Indonesia saat ini. Darwin menyampaikan adanya peningkatan kebutuhan pembiayaan dalam lima tahun terakhir.

Di saat yang sama, Foreign Direct Investment (FDI) atau investasi asing langsung di Indonesia relatif stagnan di angka Rp 400 triliun. Catatan tersebut tidak mampu memenuhi kebutuhan pembiayaan infrastruktur dalam negeri.

Darwin menilai keberadaan LPI akan menarik minat investasi asing lantaran adanya satu lembaga terpercaya yang memiliki kepastian hukum. Kata Darwin, pembentukan LPI merupakan hal yang lumrah di negara-negara lain. Bahkan, ada negara yang memiliki lebih dari satu LPI seperti Singapura. 

"Ada 122 LPI di seluruh dunia dengan total aset 8 triliun dolar AS," ucap Darwin.

Darwin menjelaskan tujuan pembentukan LPI di sejumlah negara berbeda-beda. Untuk Norwegia, UEA, Arab Saudi, dan Kuwait, tujuan pembentukan LPI untuk mengelola surplus dari sumber daya alam, investasi jangka panjang, tujuan wealth creation di masa yang akan datang. Sementara China, Korsel, dan Singapura, ingin berinvestasi jangka panjang pada aset privat maupun publik.

"Australia dan Selandia Baru tujuannya menghasilkan pengembalian stabil jangka waktu panjang pada portofolio multisektor. Sedangkan Filipina dan India untuk mendukung pembangunan ekonomi domestik dan membawa investor swasta lokal dan asing," ungkap Darwin. 

Sementara Indonesia, kata Darwin, akan secara bersama melakukan investasi dengan mitranya, mengelola investasi selama jangka waktu yang disepakati, dan akhirnya merealisasikan nilai tambah. Pada tahun pertama, ucap Darwin, apabila dibeli dari salah satu BUMN, baik mayoritas atau minoritas, dana yang diperoleh dapat langsung diinvestasikan ulang oleh BUMN tersebut.

 

Penulis : Yudho Priambodo




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:44
PSS SLEMAN PERPANJANG KONTRAK IRFAN BACHDIM   BERTEMU PAUS FRANSISKUS, ULAMA SYIAH IRAK AYATOLLAH AGUNG ALI AL-SISTANI DUKUNG UMAT KRISTEN DAN ISLAM HIDUP DAMAI   KUNJUNGI IRAK, PAUS FRANSISKUS BERTEMU ULAMA SYIAH IRAK AYATOLLAH AGUNG ALI AL-SISTANI   MENKES PARAGUAY JULIO MAZZOLENI MUNDUR DARI JABATANNYA KARENA DIANGGAP GAGAL TANGANI PANDEMI   WHO MINTA SEMUA NEGARA TIDAK KENDUR MELAWAN PANDEMI COVID-19   WHO DORONG PEMBEBASAN SEMENTARA HAK PATEN VAKSIN COVID-19 DI MASA KRITIS   UTUSAN KHUSUS PBB UNTUK MYANMAR MINTA DEWAN KEAMANAN PBB AMBIL TINDAKAN TERHADAP JUNTA MILITER   AS BEKUKAN RP 14,3 TRILIUN YANG HAMPIR DITRANSFER DARI FEDERAL RESERVE BANK OF NEW YORK KE BANK SENTRAL MYANMAR   ANDI MALLARANGENG MEMBANTAH YANG TERJADI DI PARTAI DEMOKRAT MERUPAKAN MASALAH INTERNAL   DEMOKRAT CEMAS PRESIDEN JOKOWI RESTUI MANUVER MOELDOKO DI KLB   WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 3.708 ORANG: 2.829 SEMBUH, 172 MENINGGAL DUNIA, 707 DALAM PERAWATAN   PEMERINTAH: 6 MARET 2021, JUMLAH SPESIMEN KORONA YANG DIPERIKSA MENCAPAI 11.126.096 SPESIMEN   RUMAH KEPALA SEKSI PENERANGAN UMUM KEJATI RIAU DI KOTA PEKANBARU DILEMPARI POTONGAN KEPALA ANJING   KEMENDIKBUD: KAMPUS BOLEH BUKA PADA JULI 2021 SETELAH MAHASISWA DAN DOSEN DIVAKSINASI COVID-19