Kompas TV nasional peristiwa

Natalius Pigai, Pengeritik Pemerintah Korban Rasisme

Rabu, 27 Januari 2021 | 05:30 WIB
natalius-pigai-pengeritik-pemerintah-korban-rasisme
Polisi layangkan surat panggilan pemeriksaan terhadap Ambroncius Nababan yang telah bersikap rasis terhadap Natalius Pigai. (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Nama Natalius Pigai banyak disebut dalam beberapa hari belakangan, karena foto dirinya disandingkan dengan gorila dan diimbuhi narasi dengan nada rasis oleh Ketua Relawan Pro Jokowi Ma'ruf Amin (Projomin) Ambroncius Nababan.

Kasus ini kemudian bergulir ke kepolisian hingga Ambroncius ditetapkan jadi tersangka. 

Pigai, demikian sapaan lelaki kelahiran Kabupaten Paniai, Papua pada 25 Desember 1975 ini, adalah mantan komisioner Komnas HAM (2012-2017) yang sudah lama bergelut dalam isu hak asasi manusia. Di samping itu, Pigai juga dikenal nyaring dalam mengeritik kebijakan pemerintahan Jokowi. 

Salah satunya pada tahun 2018 silam,  dia mengeritik tidak adanya perwakilan orang Papua di Kabinet Jokowi. "Jadi kalau saya bandingkan dengan SBY, SBY justru memanusiakan orang Papua, mengangkat orang Papua bahwa orang Papua juga hebat di republik ini. Dibandingkan sekarang, Jokowi, siapa yang dia jadikan partner dalam berdiskusi dan dialog tentang persoalan di Papua? Hanya dirinya sendiri," ujar Pigai, Jumat (27/4/2018). 

Baca Juga: Kronologi Dugaan Rasisme Ambroncius ke Natalius Pigai Hingga Mengaku Kesal

"Jadi kalau dia menjadikan partner bicaranya itu pas-pasan, maka ya sama saja dengan merendahkan martabat Papua. Jadi jangan menganggap remeh orang Papua," ucap Pigai.

Pigai juga pernah menyinggung indeks ketahanan pangan Indonesia yang  rendah,  ke-17. Lalu, indeks pembangunan manusia atau IPM menurun dari 108 pada 2014 jadi posisi 116 pada 2019 di dunia.

Penulis : Iman Firdaus




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:39
GUBERNUR ANIES BASWEDAN PASTIKAN PEMPROV DKI DUKUNG KEJUARAAN BASKET ASIA 2021 DAN DUNIA 2023 DI JAKARTA   KEMENPAN RB SIAPKAN PENERIMAAN 189.000 PEGAWAI UNTUK PEMERINTAH DAERAH SE-INDONESIA 2021   KEMENTERIAN KESEHATAN: OBESITAS BERPOTENSI MENINGKAT DI MASA PANDEMI COVID-19   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO: PEMERINTAH KAJI PERPANJANGAN PPKM MIKRO YANG BERAKHIR PEKAN DEPAN   MUTASI VIRUS KORONA B117 MASUK INDONESIA, SATGAS: PELAJARAN BERHARGA UNTUK ANTISIPASI "IMPORTED CASE"   KEMENTERIAN KESEHATAN: VAKSIN COVID-19 SINOVAC MASIH EFEKTIF LAWAN VIRUS KORONA B117 ASAL INGGRIS   KEMENTERIAN ESDM TARGETKAN 2021 KAPASITAS PEMBANGKIT ENERGI BARU TERBARUKAN CAPAI 978 MEGAWATT   KEMENDIKBUD APRESIASI PERAN SWASTA DALAM MEMBANTU PENYEDIAAN MODUL PENDIDIKAN JARAK JAUH   JAKSA PENUNTUT UMUM MINTA MAJELIS HAKIM TOLAK PERMOHONAN DJOKO TJANDRA JADI "JUSTICE COLLABORATOR"   DINAS SDA DKI: PEMBEBASAN LAHAN NORMALISASI SUNGAI TAHUN INI BELUM BERJALAN KARENA DANA PINJAMAN BELUM CAIR   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN DUKUNG RENCANA PEMERINTAH KAMPANYEKAN PRODUK DALAM NEGERI   WAPRES MA'RUF AMIN MINTA MASYARAKAT TAK HINDARI VAKSINASI COVID-19   PEMKOT TANGSEL MENGAKU TIDAK SIAPKAN PENANGANAN KHUSUS UNTUK CEGAH VIRUS KORONA B117   SATGAS MINTA MASYARAKAT TAK KHAWATIR BERLEBIHAN TERHADAP MUTASI VIRUS KORONA B117