Kompas TV nasional peristiwa

Tekan Penularan Covid-19, Kemenkes Akan Kerja Keras untuk Program Testing, Tracing, dan Isolasi

Kompas.tv - 26 Januari 2021, 19:39 WIB
tekan-penularan-covid-19-kemenkes-akan-kerja-keras-untuk-program-testing-tracing-dan-isolasi
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta pasien positif Covid-19 tanpa gejala (OTG) untuk isolasi mandiri. (Sumber: Youtube Setpres)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Budi Gunadi Sadikin mengatakan Kementerian Kesehatan akan bekerja keras untuk memastikan program testing, tracing, dan isolasi berjalan baik. Hal itu dilakukan untuk mengurangi penularan virus Covid-19 di Indonesia.

“Ini tanggungjawab ada di Kementerian Kesehatan untuk memastikan bahwa program testing dari rakyat yang diduga terkena, agar kita bisa mengidentifikasi dan mengurangi laju penularan. Kita harus juga melakukan tracing atau pelacakan terhadap kontak erat dari yang sudah positif, sehingga kita bisa mengurangi laju penularan, dan kita harus menyiapkan tempat isolasi yang nyaman agar yang bersangkutan bisa sembuh tanpa menulari teman-teman yang lain untuk mengurangi laju penurunan itu tadi,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan secara virtual, Selasa (26/1/2021)

Baca Juga: Jokowi Berduka, Kasus Positif Covid-19 Indonesia Tembus 1 Juta Orang

Menkes lebih lanjut berharap seluruh masyarakat Indonesia benar-benar menjalankan disiplin protokol kesehatan. Seperti halnya memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Kedisplinan itu penting dijalankan untuk menjaga diri sendiri, keluarga, tetangga, dan teman-teman dari Covid-19.

“Saya percaya bahwa seluruh rakyat Indonesia memiliki modal sosial yang sangat besar untuk bisa melakukan ini bersama-sama dan kalau seluruh modal sosial rakyat indonesia sudah bersatu, saya yakin, apapun masalahnya kita bisa atasi bersama. Semoga Indonesia saat ini lebih baik dari Indonesia saat lalu, dan semoga Indonesia di masa depan lebih baik dari Indonesia di masa kini,” harapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas bersama Menkes Budi Gunadi Sadikin dan sejumlah menteri. Seusai rapat, Budi mengatakan pemerintah sangat berduka karena banyak masyarakat yang meninggal akibat Covid-19. Selain itu, sambungnya, ada lebih dari 600 tenaga kesehatan yang sudah gugur dalam menghadapi pandemic Covid-19.

Baca Juga: Besok, Jokowi Dijadwalkan Menerima Suntikan Vaksin Covid-19 Tahap Dua

“Mungkin sebagian dari keluarga dekat dan teman dekat kita juga sudah meninggalkan kita. Itu momen pertama yang harus kita lalui bahwa ada rasa duka yang mendalam dari pemerintah dari seluruh rakyat Indonesia atas angka ini,” ujarnya.

Ia pun mengimbau semua pihak harus sadar untuk mengatasi pandemi Covid-19 dengan usaha yang lebih keras lagi. Dengan demikian pengorbanan yang dilakukan tenaga kesehatan tidak menjadi sia-sia dan fasilitas kesehatan tidak terlalu berat bebannya.

“Angka satu juta ini memberikan satu indikasi bahwa seluruh rakyat Indonesia harus bersama-sama dengan pemerintah, bekerja bersama-sama untuk mengatasi pandemi ini dengan lebih keras lagi dan kita teruskan kerja keras kita,” tuturnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x