Kompas TV internasional kompas dunia

Biden Pecat Dokter Kepresidenan yang Merawat Donald Trump

Kompas.tv - 26 Januari 2021, 17:24 WIB
biden-pecat-dokter-kepresidenan-yang-merawat-donald-trump
Presiden Amerika Serikat Joe Biden. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memecat dokter Gedung Putih yang  menangani mantan Presiden Donald Trump, Dr. Sean Conley. Sebagai gantinya, Biden memilih Dr. Kevin O'Connor sebagai dokter pribadinya.

Tidak jarang seorang Presiden AS memilih sendiri dokter pribadinya ketika menjabat, meskipun Presiden-Presiden terdahulu telah mempertahankan dokter yang sama.

Conley sebelumnya membuat kontroversi ketika dia tidak menggambarkan keadaan Trump yang sebenarnya ketika terserang Covid-19. Saat itu, Gedung Putih ingin menunjukkan optimisme pada kondisi Trump, padahal sebenarnya Trump mengalami kondisi yang sangat serius seperti sesak napas dan bahkan membutuhkan oksigen tambahan.

Baca Juga: Dikabarkan Kritis, Trump Unggah Video Ungkap Kondisinya

Seperti dikutip dari CNN, sebenarnya Biden telah memiliki sejarah panjang dengan O'Connor, yang telah menjabat sebagai dokter kepresidenan sejak Biden menjabat sebagai Wakil Presiden AS. Dia adalah pensiunan kolonel Angkatan Darat AS yang bertugas di Divisi Lintas Udara ke-82, Resimen Penjaga ke-75, dan Komando Operasi Khusus Angkatan Darat Amerika Serikat.

Dia juga ikut menjaga kondisi fisik Biden pada 2019 dan menyiapkan laporan yang menuliskan bahwa Biden merupakan kandidat Presiden yang sehat dan kuat dalam usia yang cukup lanjut. Biden yang saat ini berusia 78 tahun merupakan Presiden tertua yang dilantik dalam sejarah AS.

Seorang dokter Gedung Putih bertanggung jawab atas perawatan medis Presiden, keluarganya, dan para staf Gedung Putih. Mereka mengawasi tim dokter dan perawat yang terdiri dari Unit Medis Gedung Putih, yang bermarkas di lantai dasar Gedung Putih.

Baca Juga: Sempat Dilarang Donald Trump, Transgender Diperbolehkan Joe Biden Gabung Militer

Dokter Gedung Putih ikut melakukan perjalanan ke mana pun Presiden AS pergi, termasuk di helikopter Marine One dan di pesawat Air Force One. Mereka sering terlihat berjalan beberapa langkah di belakang Presiden sambil membawa tas medis berukuran besar. Mereka juga biasanya melakukan pemeriksaan fisik tahunan pada Presiden dan memberikan ringkasan hasilnya kepada wartawan.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x