Kompas TV internasional kompas dunia

Biden Pecat Dokter Kepresidenan yang Merawat Donald Trump

Selasa, 26 Januari 2021 | 17:24 WIB
biden-pecat-dokter-kepresidenan-yang-merawat-donald-trump
Presiden Amerika Serikat Joe Biden. (Sumber: Associated Press)

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memecat dokter Gedung Putih yang  menangani mantan Presiden Donald Trump, Dr. Sean Conley. Sebagai gantinya, Biden memilih Dr. Kevin O'Connor sebagai dokter pribadinya.

Tidak jarang seorang Presiden AS memilih sendiri dokter pribadinya ketika menjabat, meskipun Presiden-Presiden terdahulu telah mempertahankan dokter yang sama.

Conley sebelumnya membuat kontroversi ketika dia tidak menggambarkan keadaan Trump yang sebenarnya ketika terserang Covid-19. Saat itu, Gedung Putih ingin menunjukkan optimisme pada kondisi Trump, padahal sebenarnya Trump mengalami kondisi yang sangat serius seperti sesak napas dan bahkan membutuhkan oksigen tambahan.

Baca Juga: Dikabarkan Kritis, Trump Unggah Video Ungkap Kondisinya

Seperti dikutip dari CNN, sebenarnya Biden telah memiliki sejarah panjang dengan O'Connor, yang telah menjabat sebagai dokter kepresidenan sejak Biden menjabat sebagai Wakil Presiden AS. Dia adalah pensiunan kolonel Angkatan Darat AS yang bertugas di Divisi Lintas Udara ke-82, Resimen Penjaga ke-75, dan Komando Operasi Khusus Angkatan Darat Amerika Serikat.

Dia juga ikut menjaga kondisi fisik Biden pada 2019 dan menyiapkan laporan yang menuliskan bahwa Biden merupakan kandidat Presiden yang sehat dan kuat dalam usia yang cukup lanjut. Biden yang saat ini berusia 78 tahun merupakan Presiden tertua yang dilantik dalam sejarah AS.

Seorang dokter Gedung Putih bertanggung jawab atas perawatan medis Presiden, keluarganya, dan para staf Gedung Putih. Mereka mengawasi tim dokter dan perawat yang terdiri dari Unit Medis Gedung Putih, yang bermarkas di lantai dasar Gedung Putih.

Penulis : Tussie Ayu




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:51
GUBERNUR ANIES BASWEDAN PASTIKAN PEMPROV DKI DUKUNG KEJUARAAN BASKET ASIA 2021 DAN DUNIA 2023 DI JAKARTA   KEMENPAN RB SIAPKAN PENERIMAAN 189.000 PEGAWAI UNTUK PEMERINTAH DAERAH SE-INDONESIA 2021   KEMENTERIAN KESEHATAN: OBESITAS BERPOTENSI MENINGKAT DI MASA PANDEMI COVID-19   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO: PEMERINTAH KAJI PERPANJANGAN PPKM MIKRO YANG BERAKHIR PEKAN DEPAN   MUTASI VIRUS KORONA B117 MASUK INDONESIA, SATGAS: PELAJARAN BERHARGA UNTUK ANTISIPASI "IMPORTED CASE"   KEMENTERIAN KESEHATAN: VAKSIN COVID-19 SINOVAC MASIH EFEKTIF LAWAN VIRUS KORONA B117 ASAL INGGRIS   KEMENTERIAN ESDM TARGETKAN 2021 KAPASITAS PEMBANGKIT ENERGI BARU TERBARUKAN CAPAI 978 MEGAWATT   KEMENDIKBUD APRESIASI PERAN SWASTA DALAM MEMBANTU PENYEDIAAN MODUL PENDIDIKAN JARAK JAUH   JAKSA PENUNTUT UMUM MINTA MAJELIS HAKIM TOLAK PERMOHONAN DJOKO TJANDRA JADI "JUSTICE COLLABORATOR"   DINAS SDA DKI: PEMBEBASAN LAHAN NORMALISASI SUNGAI TAHUN INI BELUM BERJALAN KARENA DANA PINJAMAN BELUM CAIR   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN DUKUNG RENCANA PEMERINTAH KAMPANYEKAN PRODUK DALAM NEGERI   WAPRES MA'RUF AMIN MINTA MASYARAKAT TAK HINDARI VAKSINASI COVID-19   PEMKOT TANGSEL MENGAKU TIDAK SIAPKAN PENANGANAN KHUSUS UNTUK CEGAH VIRUS KORONA B117   SATGAS MINTA MASYARAKAT TAK KHAWATIR BERLEBIHAN TERHADAP MUTASI VIRUS KORONA B117