Kompas TV nasional update

Resmikan Tol Kayu Agung-Palembang, Ini Daftar 12 Tol Lain yang akan Dibangun Jokowi Tahun Ini

Kompas.tv - 26 Januari 2021, 13:08 WIB
resmikan-tol-kayu-agung-palembang-ini-daftar-12-tol-lain-yang-akan-dibangun-jokowi-tahun-ini
Ilustrasi jalan tol (Sumber: Kementerian PUPR)
Penulis : Rizky L Pratama

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo baru saja meresmikan jalan tol Kayu Agung-Palembang, Sumatera Selatan, Selasa pagi (26/1/2021).

Peresmian tol ini, menurut Presiden Jokowi akan berdampak pada perekonomian di Sumatera Selatan.

“Ini adalah untuk pemerataan pembangunan dan membuka lapangan pekerjaan, lapangan kerja di daerah yang sebanyak-banyaknya sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita,” papar pria yang pernah menjadi Walikota Solo tersebut.

Baca Juga: Resmikan Tol Kayu Agung-Palembang, Presiden Jokowi: Tol Ini Bangkitkan Perekonomian di Sumsel

Pemerintahan Indonesia di bawah Presiden Jokowi memang terus menggenjot pembangunan infrastruktur, khususnya jalan tol. Tahun ini, sebanyak 12 ruas tol baru ditargetkan untuk memulai konstruksi.

Proyek-proyek tersebut digarap melalui skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Sebagian merupakan proyek solicited atau yang diprakarsai pemerintah, sebagian lagi adalah unsolicited atau yang diprakarsai badan usaha.

Berdasarkan data dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), beberapa ruas sudah dilelang akhir tahun 2020 kemarin.

Baca Juga: [Full] Jokowi Resmikan Tol Kayu Agung-Palembang: Bisa Hemat Waktu 75%

Lalu, mana sajakah 12 ruas tol yang akan dibangun Jokowi tahun ini?

1. Tol Yogyakarta-Bawen

Tol ini direncanakan memiliki panjang 76,36 Km dengan nilai investasi sebesar Rp 17,38 triliun. Proyek ini merupakan prakarsa pemerintah dan sedang dalam tahap pengadaan badan usaha pelaksana. Ditargetkan proyek ini mulai konstruksi pada Kuartal I-2021.

2. Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap

Proyek tol sepanjang 206,65 Km ini memiliki nilai investasi mencapai Rp 57,59 triliun. Proyek ini diprakarsai oleh Konsorsium PT Jasa Marga dan PT Daya Mulia Turangga. Ditargetkan, konstruksi juga dimulai pada Kuartal I 2021.

3. Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg

Tol sepanjang 36,6 Km ini bakal memakan biaya investasi sebesar Rp 18,51 triliun. Proyek ini merupakan prakarsa dari badan usaha PT Duta Graha Karya. Ditargetkan lelang berlangsung pada Kuartal IV 2020 dan bisa kontruksi pada Kuartal III-2021.

4. Tol Bogor-Serpong via Parung



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x