Kompas TV internasional kompas dunia

Ketua Yayasan Anti Korupsi Rusia: Pemerintah Terguncang Protes Menuntut Pembebasan Alexei Navalny

Selasa, 26 Januari 2021 | 13:05 WIB
ketua-yayasan-anti-korupsi-rusia-pemerintah-terguncang-protes-menuntut-pembebasan-alexei-navalny
Orang-orang bentrok dengan polisi selama protes terhadap pemenjaraan pemimpin oposisi Alexei Navalny di St. Petersburg, Rusia, Sabtu, (23/1/2021). (Sumber: AP PHOTO/DMITRI LOVETSKY via Kompas.com)

MOSKOW, KOMPAS.TV- Pemerintah Rusia tengah dihadapkan kondisi pelik menyusul gelombang aksi demonstrasi di sejumlah kota di negara tersebut. Demonstrasi itu dilakukan untuk menuntut pembebasan tokoh oposisi Rusia, Alexei Navalny.

“Pemerintahan Rusia benar-benar terguncang oleh besarnya protes di berbagai kota menuntut pembebasan (Alexei) Navalny,” kata Vladimir Ashurkov, Ketua Yayasan Anti Korupsi Rusia, kepada DW, Minggu (24/1/2021).

Menurut Ashurkov, adanya penangkapan Alexei Navalny dan juga adanya video terkait Presiden Rusia, Vladimir Putin, yang diduga memiliki istana mewah di kawasan Laut Hitam telah menyulut protes besar di Negera Beruang Putih tersebut.

Baca Juga: Dituding Alexei Navalny Punya Istana Mewah di Laut Hitam, Ini Bantahan Presiden Rusia Vladimir Putin

Aksi demonstrasi tak hanya berlangsung di ibu kota Moskow, melainkan juga menjalar di kota-kota besar lainnya yang berakibat lebih dari 3.000 orang ditangkap polisi setempat.

“Mereka benar-benar takut,” tegas Ashurkov merujuk pada banyaknya polisi yang dikerahkan menghadapi aksi protes besar pada Sabtu (23/1/2021).

Ashurkov mengatakan, penangkapan Alexei Navalny tidak sah dan munculnya video yang mengekspos Vladimir Putin dan dugaan korupsi yang dilakukan Sang Presiden dalam bentuk rumah bernilai miliaran euro di selatan Rusia.

Penulis : Gading Persada




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:48
GUBERNUR ANIES BASWEDAN PASTIKAN PEMPROV DKI DUKUNG KEJUARAAN BASKET ASIA 2021 DAN DUNIA 2023 DI JAKARTA   KEMENPAN RB SIAPKAN PENERIMAAN 189.000 PEGAWAI UNTUK PEMERINTAH DAERAH SE-INDONESIA 2021   KEMENTERIAN KESEHATAN: OBESITAS BERPOTENSI MENINGKAT DI MASA PANDEMI COVID-19   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO: PEMERINTAH KAJI PERPANJANGAN PPKM MIKRO YANG BERAKHIR PEKAN DEPAN   MUTASI VIRUS KORONA B117 MASUK INDONESIA, SATGAS: PELAJARAN BERHARGA UNTUK ANTISIPASI "IMPORTED CASE"   KEMENTERIAN KESEHATAN: VAKSIN COVID-19 SINOVAC MASIH EFEKTIF LAWAN VIRUS KORONA B117 ASAL INGGRIS   KEMENTERIAN ESDM TARGETKAN 2021 KAPASITAS PEMBANGKIT ENERGI BARU TERBARUKAN CAPAI 978 MEGAWATT   KEMENDIKBUD APRESIASI PERAN SWASTA DALAM MEMBANTU PENYEDIAAN MODUL PENDIDIKAN JARAK JAUH   JAKSA PENUNTUT UMUM MINTA MAJELIS HAKIM TOLAK PERMOHONAN DJOKO TJANDRA JADI "JUSTICE COLLABORATOR"   DINAS SDA DKI: PEMBEBASAN LAHAN NORMALISASI SUNGAI TAHUN INI BELUM BERJALAN KARENA DANA PINJAMAN BELUM CAIR   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN DUKUNG RENCANA PEMERINTAH KAMPANYEKAN PRODUK DALAM NEGERI   WAPRES MA'RUF AMIN MINTA MASYARAKAT TAK HINDARI VAKSINASI COVID-19   PEMKOT TANGSEL MENGAKU TIDAK SIAPKAN PENANGANAN KHUSUS UNTUK CEGAH VIRUS KORONA B117   SATGAS MINTA MASYARAKAT TAK KHAWATIR BERLEBIHAN TERHADAP MUTASI VIRUS KORONA B117