Kompas TV nasional peristiwa

Dugaan Korupsi Dana Bansos di Kemensos Terus Berkembang

Selasa, 26 Januari 2021 | 11:43 WIB
dugaan-korupsi-dana-bansos-di-kemensos-terus-berkembang
Kemensos salurkan Bantuan Sosial Tunai tambahan Kartu Sembako non PKH di Gedung Konvensi Kemensos (Sumber: Renjana Pictures)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dugaan korupsi dana bantuan sosial (bansos) yang melibatkan Juliari Batubara (mantan Menteri Sosial), mulai memasuki babak baru.

Kali ini, Direktur Jenderal Perlindungan Jaminan Sosial Kementerian Sosial (Dirjen Linjamsos Kemensos) Pepen Nazaruddin yang mulai dibidik Komisi Pemberantasan Korupsi. Pepan telah dipangggil tiga kali oleh KPK.

"Kalau dugaan terima iya, berdasarkan keterangan saksi tersebut," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, kepada wartawan, Selasa (26/1/2021).

Keterangan para saksi itu akan menjadi kajian dari KPK untuk menentukan status Pepen. Sehingga, KPK akan membuka kemungkinan menetapkan Pepen sebagai tersangka jika sejumlah bukti telah memenuhi syarat.

Baca Juga: Kemensos Dirikan Tenda Pengungsi Cegah Corona untuk Korban Gempa Sulbar

"KPK akan tetapkan pihak lain sebagai tersangka sepanjang ditemukan setidaknya dua bukti permulaan yang cukup," katanya.

Apalagi, lembaga anti rasuah ini telah mengantongi  Hasil Audit BPKP soal Kasus Korupsi Bansos. Hanya saja, Ali belum bisa menyebutkan kerugian yang ditimbulkan atau apakah yang dilakukan Pepen masuk kategori suap atau bukan. "Ini perlu dikaji, didalami dan dikonfirmasi dengan bukti-bukti lain," kata Ali.

Penulis : Iman Firdaus




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:31
INDONESIA BERSAMA SINGAPURA BANGUN KAWASAN EKONOMI DIGITAL DAN TEKNOLOGI DI BATAM   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY MINTA KELUARGA MISKIN DENGAN IBU HAMIL DAN ANAK “STUNTING” MASUK DAFTAR PENERIMA PKH   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY SEBUT PENANGANAN KEMISKINAN KUNCI MENURUNKAN KASUS "STUNTING"   MENKO PMK RESMIKAN PUSAT PENANGGULANGAN GIZI TERPADU DI KABUPATEN BANTAENG, SULAWESI SELATAN   TEKAN HARGA CABAI RAWIT MERAH, KEPALA SUDIN KPKP IWAN INDRIYANTO TELAH BERKOORDINASI DENGAN KEMENTAN   SUDIN KPKP: HARGA RATA-RATA CABAI RAWIT MERAH DI PASAR TRADISIONAL DI JAKARTA BARAT MELONJAK HINGGA DUA KALI LIPAT   KEMENAG TINDAK LANJUTI RENCANA PENINGKATAN STATUS PERATURAN BERSAMA SOAL KERUKUNAN UMAT BERAGAMA JADI PERPRES   MULAI HARI INI, VAKSINASI COVID-19 “DRIVE THRU” BAGI LANSIA RESMI BEROPERASI DI JIEXPO KEMAYORAN   EPIDEMIOLOG GRIFFITH UNIVERSITY DICKY BUDIMAN MENYATAKAN VARIAN BARU COVID-19 B.1.1.7 LEBIH CEPAT MENULAR   SATGAS COVID-19 TERAPKAN ISOLASI BERLAPIS PADA DUA KASUS POSITIF COVID-19 B.1.1.7 UNTUK MENCEGAH TERJADINYA PENULARAN   GENCARKAN PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN, KETUA DPR MENINJAU SEJUMLAH DESTINASI WISATA DI BANYUWANGI, JATIM   MULAI APRIL 2021, PETUGAS PELAYANAN PUBLIK DI JAKARTA BARAT AKAN MENERIMA VAKSIN COVID-19   MENKES: VAKSINASI COVID-19 DI INDONESIA HARUS MENCAPAI 70 PERSEN ATAU SASARAN TARGET SEBANYAK 181 JUTA ORANG   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: SEBANYAK 20 PERSEN PENDUDUK BISA DISUNTIK VAKSIN COVID-19 HINGGA JUNI 2021