Kompas TV nasional peristiwa

Dugaan Korupsi Dana Bansos di Kemensos Terus Berkembang

Kompas.tv - 26 Januari 2021, 11:43 WIB
dugaan-korupsi-dana-bansos-di-kemensos-terus-berkembang
Kemensos salurkan Bantuan Sosial Tunai tambahan Kartu Sembako non PKH di Gedung Konvensi Kemensos (Sumber: Renjana Pictures)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dugaan korupsi dana bantuan sosial (bansos) yang melibatkan Juliari Batubara (mantan Menteri Sosial), mulai memasuki babak baru.

Kali ini, Direktur Jenderal Perlindungan Jaminan Sosial Kementerian Sosial (Dirjen Linjamsos Kemensos) Pepen Nazaruddin yang mulai dibidik Komisi Pemberantasan Korupsi. Pepan telah dipangggil tiga kali oleh KPK.

"Kalau dugaan terima iya, berdasarkan keterangan saksi tersebut," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, kepada wartawan, Selasa (26/1/2021).

Keterangan para saksi itu akan menjadi kajian dari KPK untuk menentukan status Pepen. Sehingga, KPK akan membuka kemungkinan menetapkan Pepen sebagai tersangka jika sejumlah bukti telah memenuhi syarat.

Baca Juga: Kemensos Dirikan Tenda Pengungsi Cegah Corona untuk Korban Gempa Sulbar

"KPK akan tetapkan pihak lain sebagai tersangka sepanjang ditemukan setidaknya dua bukti permulaan yang cukup," katanya.

Apalagi, lembaga anti rasuah ini telah mengantongi  Hasil Audit BPKP soal Kasus Korupsi Bansos. Hanya saja, Ali belum bisa menyebutkan kerugian yang ditimbulkan atau apakah yang dilakukan Pepen masuk kategori suap atau bukan. "Ini perlu dikaji, didalami dan dikonfirmasi dengan bukti-bukti lain," kata Ali.

Sebelumnya, KPK menangkap Juliari dalam kasus dugaan suap  jatah Rp 10 ribu dari setiap paket sembako senilai Rp 300 ribu per paket. Setidaknya KPK menduga Juliari Batubara sudah menerima Rp 8,2 miliar dan Rp 8,8 miliar.

Baca Juga: Yayasan di Kalimantan Selatan Pulangkan Dana Bansos Usai Mensos Juliari Tersangka KPK

Kasus ini masih akan terus berjalan, setelah KPK memanggil sejumlah pihak dan menggeledah sejumlah kantor.  

Hingga saat ini KPK sudah menetapkan tersangka kepada  Juliari  Batubara, Matheus Joko Santoso, Adi Wahyono, Ardian IM, dan Harry Sidabuke.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.