Kompas TV regional berita daerah

Sosiolog Untan: Pandemi Covid Berpotensi Pengaruhi Perilaku Sosial

Kompas.tv - 26 Januari 2021, 10:45 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Hampir setahun pandemi Covid-19 di Indonesia, banyak aspek kehidupan terdampak, tak terkecuali perilaku sosial. Sosiolog dari fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura Pontianak, Viza Juliansyah menilai, pandemi Covid-19 ini juga akan mempengaruhi pola perilaku sosial masyarakat, bahkan secara masif di seluruh dunia.

Sebab, beberapa pandemi sebelumnya seperti pandemi pes di Eropa yang dikenal dengan wabah hitam, serta Flu Spanyol yang juga menyisakan perilaku sosial baru. Bahkan hingga pandemi Covid-19 selesai, akan ada perilaku yang berubah karena adanya adaptasi.

Salah satunya penggunaan teknologi daring dalam dunia pendidikan maupun pekerjaan lainnya.

Di awal pandemi banyak masyarakat “gagap” dalam memanfaatkan teknologi, namun kini berangsur dapat menyesuaikan diri dengan kebiasaan yang ada. Bahkan, banyak orang yang sebelumnya tidak terbiasa dengan teknologi kini lebih bisa menyesuaikan diri.

Pandemi juga berpotensi mempengaruhi jarak interaksi sosial masyarakat. Perilaku sosial maupun kebiasaan yang dilakukan selama pandemi ini juga dinilai akan berlanjut ke depannya, karena pengaruh kebiasaan yang dilakukan dalam hampir satu tahun ini.

Simak informasi lain dari Kota Pontianak dan Kalimantan Barat di kanal YouTube KompasTV Pontianak.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x