Kompas TV regional berita daerah

350 Buruh Tuntut Upah Yang Belum Dibayar

Selasa, 26 Januari 2021 | 02:54 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Tak ingin melanggar protokol kesehatan covid-19 untuk mengumpulkan massa. 350 buruh pekerja koprasi TKBM Komura yang belum dibayar upahnya oleh PT Pelabuhan Samudra Palaran melakukan aksi dengan mengirimkan karangan bunga.

15 karangan bunga dengan berbagai macam tuntutan dan keluhan para buruh  ditaruh tepat didepan kantor PT Pelabuhan Samudera Palaran. Ini menjadi bentuk protes para buruh karena sudah 7 bulan upah mereka tidak dibayarkan, nilai totalnya sekitar 18 milyar yang belum dibayar pihak PT PSP.

Sebelumnya, PT PSP menggunakan jasa koprasi TKBM Komura yang bergerak menyediakan jasa pekerja bongkar muat barang. Salah satu kordinator pekerja menjelaskan, PT PSP telah melakukan penundaan pembayaran hak upah pekerja selama 3 tahun. 

Sebelumnya, PT PSP belum membayar upah pada bulan marer 2017 samapi oktober 2017 lalu. Hingga saat ini para buruh telah melakukan gugatan ke pengadilan dan sudah menang ditingkat pengadilan tinggi namun pihak PT PSP masih melakukan banding.

Tak lama setelah aksi pemasangan karangan bunga, pihak keamanan bergegas mengumpulkan karangan bunga tersebut. Namun, hingga saat ini pihak perusahaan menolak untuk dikonfirmasi terkait kasus tersebut.

#UpahBuruh#ProtesBuruh#BuruhKecewa

Penulis : KompasTV Tenggarong


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:27
BAHAS PERUBAHAN IKLIM, MENKO MARVES LUHUT PANDJAITAN GELAR PERTEMUAN VIRTUAL DENGAN UTUSAN KHUSUS PRESIDEN AS   KSAD JENDERAL TNI ANDIKA PERKASA MENAIKKAN PANGKAT 12 PERWIRA TINGGI TNI AD    BOBBY AFIF NASUTION DAN AULIA RACHMAN RESMI MENJABAT SEBAGAI WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA MEDAN, SUMUT    MENKO PMK BERHARAP VAKSINASI COVID-19 TERHADAP PARA ATLET DAPAT MENGAKTIFKAN KEMBALI KEGIATAN OLAHRAGA   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY OPTIMISTIS PENERAPAN PPKM MIKRO MAMPU PERCEPAT PENANGANAN COVID-19 DI INDONESIA    BANK INDONESIA OPTIMISTIS EKONOMI DOMESTIK PULIH SECARA BERTAHAP   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR KLAIM VAKSINASI DI LINGKUNGAN DPR TAK TERTUTUP MELAINKAN DENGAN PROTOKOL KESEHATAN KETAT   KADIN DKI BERHARAP DENGAN ADANYA VAKSINASI MANDIRI DAPAT MEMPERCEPAT PEMULIHAN EKONOMI DAN AKTIVITAS DUNIA USAHA    KETUA DPD HIPPI DKI MENYAMBUT BAIK KEPUTUSAN PEMERINTAH YANG MENERBITKAN ATURAN MENGENAI VAKSINASI MANDIRI   SYARAT BAWA HASIL TES USAP DI BANDARA SUPADIO PONTIANAK KEMBALI DIPERPANJANG HINGGA LIBUR HARI RAYA IDUL FITRI   HINGGA 26 FEBRUARI 2021, KASUS COVID-19 DI INDONESIA CAPAI 1.322.866 ORANG, 1.128.672 SEMBUH, DAN 35.786 MENINGGAL DUNIA   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 3.292: 2.368 SEMBUH, 171 MENINGGAL DUNIA, DAN 753 DALAM PERAWATAN    SATGAS COVID-19: HINGGA 26 FEBRUARI 2021, SEBANYAK 1.583.581 TENAGA KESEHATAN SUDAH MENJALANI VAKSINASI   SATGAS COVID-19: PEMBERLAKUAN PPKM MIKRO PERLU DILAKUKAN HINGGA LEVEL KOMUNITAS TERKECIL YAKNI RT, RW, DAN DESA