Kompas TV nasional sapa indonesia

Ada KRL Cikarang, Pemerintah Sebaiknya Bangun Hunian Murah

Kompas.tv - 10 Oktober 2017, 11:05 WIB
Penulis :

Kepala Stasiun Cikarang Dendi Kustoyo menyatakan warga Cikarang sangat antusias memanfaatkan fasilitas baru. Ya, Cikarang kini disinggahi kereta rel listrik (KRL) Commuterline. Cukup dengan Rp 5.000, warga bisa ke Jakarta tanpa harus menikmati macet di jalan raya.

Sebelum direvitalisasi 2 atau 3 tahun lalu, pengguna stasiun Cikarang hanya 600 - 700 orang. Namun, menurut Dendi, saat hari pertama dibuka untuk perjalanan KRL, jumlah warga yang menggunakan stasiun ini mencapai 16.000 orang.

Fasilitas di stasiun juga dibuat sesuai standard stasiun lain di pusat kota Jakarta. Inilah yang diapresiasi pakar tata kota Yayat Supriatna. Menurut Yayat, fasilitas transportasi modern seperi ini mampu menggugah kultur masyarakat untuk tertib dan disiplin.

Yayat juga menilai, bertambahnya opsi transportasi ke wilayah penyanggah Jakarta seperti Cikarang ini sebaiknya dimanfaatkan pemerintah untuk menggencarkan pembangunan. Yayat menganggap, pemerintah sepatutnya membangun rumah susun atau hunian murah di titik - titik yang menjadi persinggahan kereta commuterline.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x