Kompas TV nasional kriminal

P-Flouro Fori, Narkoba Milik Selebgram Syiva Angel Berasal dari Kartel Meksiko?

Kompas.tv - 25 Januari 2021, 21:39 WIB
p-flouro-fori-narkoba-milik-selebgram-syiva-angel-berasal-dari-kartel-meksiko
Polisi menangkap selebgram Syiva Angel di Badung, Bali pada Senin (25/1/2021). (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Ahmad Zuhad

BADUNG, KOMPAS.TV - Content creator dan selebgram Syiva Angel baru-baru ini tertangkap polisi sedang mengkonsumsi narkoba seberat 1,9 gram. Syiva tertangkap bersama tiga temannya di vila Jalan Batu Belig, Badung, Bali.

"Tersangka sudah 3 bulan mengkonsumsi barang tersebut. Tersangka juga menerangkan alasanya mengkonsumsi untuk senang-senang,” kata Kapolresta Denpasar Kombes Aviatus Panjaitan.

Narkoba yang dikonsumsi Syiva adalah jenis baru bernama P-Flouro Fori. Lalu, apa itu P-Flouro Fori? 

Baca Juga: Baru Tertangkap, Ini Profil Tse Chi Lop Gembong Narkoba Terbesar Asia Setara Pablo Ecobar

UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika mencatatnya sebagai Para-fluorofentanil (pFF). P-Flouro Fori adalah narkotika golongan I.

Narkotika golongan I adalah jenis yang dapat menimbulkan ketergantungan. Narkotika jenis ini pun hanya boleh digunakan untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan tak boleh digunakan untuk terapi.

Narkotika lain yang termasuk golongan I adalah heroin, kokain, opium, jicing, katinon, dan ekstasi.

Agensi pengawas obat-obatan terlarang Amerika Serikat DEA menyebut pFF adalah obat yang sangat kuat. Obat ini adalah obat sintetik dari opiod, bahan opium.

Narkoba ini terkait dengan fentanyl, obat pereda nyeri dan obat bius. PFF adalah obat hasil modifikasi struktur kimia yang memiliki efek sama seperti fentanyl. Namun, pFF diduga lebih kuat dari fentanyl.

Baca Juga: Terbukti Memiliki Narkoba, Anak Wakil Wali Kota Tangerang Dihukum Ringan

DEA menemukan peredaran pFF di Arizona, Amerika Serikat pada Desember 2020. Agensi ini menduga pFF terkait dengan jaringan perdagangan narkoba Meksiko.

Di Amerika 11 orang terbukti meninggal overdosis karena pFF pada Desember 2020.

“Para-fluorofentanyl adalah obat-obatan berbahaya dan mematikan bikinan kartel narkoba Meksiko. Kartel narkoba ini terus menjual opioid sintetis seperti pFF untuk meraup kekayaan, sementara ribuan orang Amerika meninggal tiap tahun," kata Cheri Oz, Kepala DEA wilazah Arizona.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x