Kompas TV nasional hukum

Terlapor Kasus Rasisme Natalius Pigai Datangi Mabes Polri, Berkata Siap Bertanggung Jawab

Kompas.tv - 25 Januari 2021, 20:39 WIB
terlapor-kasus-rasisme-natalius-pigai-datangi-mabes-polri-berkata-siap-bertanggung-jawab
Mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai mendapat perlakuan rasis dari Ambroncius Nababan. (Sumber: KOMPAS.com/Kristian Erdianto)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ambroncius Nababan, yang dilaporkan melakukan tindak rasis kepada Natalius Pigai, mendatangi Bareskrim Polri.

Ambroncius Nababan datang memenuhi panggilan pemeriksaan yang diminta penyidik Bareskrim Mabes Polri.

Ketua Umum Pro Jokowi-Amin (Projamin) itu datang tidak sendiri, melainkan bersama para relawan Projamin.

"Hari ini saya akan diminta keterangan oleh Mabes Polri, sebagai saksi. Saya akan ceritakan yang sebenar-benarnya terhadap postingan saya yang dianggap rasis tadi," kata Ambroncius Nababan kepada wartawan di Mabes Polri, Senin (25/1/2021).

Ambroncius mengatakan, kedatangannya pada malam ini memenuhi panggilan kepolisian yang sedianya pada tanggal 27 Januari mendatang, dengan tujuan untuk bertanggung jawab terhadap unggahannya di media sosial.

"Saya bertanggung jawab. Saya tidak lari, tidak akan ingkar dari hukum. Karena saya akan menghadapi dengan tulus," ucapnya.

Baca Juga: Polisi Kirim Surat Panggilan Pelaku Rasis Terhadap Natalius Pigai

Terkait unggahannya terhadap pribadi Natalius Pigai, Ambroncius menjelaskan, bahwa hal itu merupakan unggahan pribadinya.

Dia menegaskan, unggahannya menanggapi pendapat Natalius terkait vaksin Sinovac, merupakan unggahan yang bersifat pribadi dan tidak terkait dengan rasisme.

"Tapi sudah berkembang seakan-akan rasis. Bukan rasis. Tidak mungkin saya rasis terhadap suku Papua, apalagi NP (Natalius Pigai)," ujarnya membela diri.

Namun begitu, Ambroncius siap menghadapi proses hukum ini. "Tapi saya harus hadapi proses hukum. Siapa yang salah proses hukum yang menentukan," katanya.

Baca Juga: Senator Asal Papua Minta Sikap Rasis ke Natalius Pigai Diproses Hukum

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.