Kompas TV bisnis kebijakan

Bank Syariah Mandiri (BSM) Jadi Bank Penerima Wakaf Uang

Senin, 25 Januari 2021 | 16:23 WIB
bank-syariah-mandiri-bsm-jadi-bank-penerima-wakaf-uang
Wakil Presiden Maruf Amin saat memberikan sambutan di acara peluncuran The State of Global Islamic Economy Report 2020/2021, Selasa (17/11/2020) secara virtual. (Sumber: Dok. KIP/Setwapres)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah menunjuk Bank Syariah Mandiri (BSM) sebagai bank penerima wakaf uang. Wakaf uang merupakan perluasan wakaf yang lebih modern.

Sehingga masyarakat bisa memberikan wakaf, tidak lagi hanya berbentuk aset tidak bergerak, seperti tanah dan bangunan.

"Penunjukan pengelola uang wakaf yang profesional dan modern, agar nantinya pokok wakaf dapat dijaga agar tidak berkurang atau hilang, sehingga dapat memupuk kepercayaan masyarakat luas untuk berwakaf," kata Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah Ma'ruf Amin, pada peluncuran Gerakan Nasional Wakaf Uang dan Peresmian Brand Ekonomi Syariah, Senin (25/1/2021).

Baca Juga: Jokowi Luncurkan Gerakan Wakaf, Potensinya Mencapai Rp 2.118 Triliun

Selain menunjuk BSM sebagai penerima wakaf uang, pemerintah juga menunjuk Mandiri Manajemen Investasi sebagai pengelola wakaf uang.

"Dana yang dikumpulkan nantinya akan digunakan untuk pembangunan yang berbasis ekonomi syariah. Sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dan berdampak pada menurunnya kemiskinan dan ketimpangan," tambah Ma'ruf.

Ia juga berharap pengelolaan wakaf uang yang lebih profesional dapat menggaet pewakaf (wakif) kelas menengah yang memiliki dana besar seperti korporasi, individu pemilik aset besar, sosialita, hingga para milenial.

Penulis : Hariyanto Kurniawan


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:27
WAPRES MA'RUF AMIN HARAP ATURAN VAKSINASI COVID-19 MANDIRI KELUAR MINGGU DEPAN   WAPRES MA'RUF AMIN NILAI KELOMPOK ANTIVAKSIN COVID-19 SUDAH BERKURANG   KEMENPAREKRAF TUNJUK SELEBRITAS LADY MARSELLA JADI DUTA SATGAS TOILET UNTUK BENAHI TOILET DI KAWASAN PARIWISATA   PEMPROV DKI MULAI REALISASIKAN PEMBUATAN PEMBATAS JALUR SEPEDA PERMANEN DI SEPANJANG JALAN SUDIRMAN-THAMRIN   SEMPAT DIHENTIKAN, VAKSINASI COVID-19 PEDAGANG DI PASAR TANAH ABANG KEMBALI DILANJUTKAN HARI INI   MENKO MARVES LUHUT MINTA PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI MALUKU DIPERCEPAT UNTUK DUKUNG LUMBUNG IKAN NASIONAL   KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DORONG PEMDA KEMBANGKAN TALENTA DIGITAL   MENTERI PUPR: PENANGANAN BANJIR HARUS DIKERJAKAN SECARA SISTEMIK DARI HULU SAMPAI KE HILIR   BUPATI BATANG IZINKAN SEKOLAH DI ZONA HIJAU GELAR KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (KBM) TATAP MUKA AWAL MARET 2021   PEMKAB TEMANGGUNG SASAR VAKSINASI TAHAP DUA UNTUK GURU HINGGA SOPIR ANGKUTAN UMUM   KEMENDIKBUD: VAKSINASI COVID-19 GURU DAN DOSEN DEMI WUJUDKAN SEKOLAH TATAP MUKA JULI 2021   SATGAS PENANGGULANGAN BENCANA KARHUTLA DI ROKAN HULU, RIAU, PATROLI GUNAKAN HELIKOPTER   INSTITUT PERTANIAN BOGOR SIAP BANTU PELAKSANAAN UJI PRAKLINIS VAKSIN COVID-19 MERAH PUTIH   ANALISIS MENDALAM SEPUTAR PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL. SIMAK SELENGKAPNYA: KLIK.KOMPAS.ID