Kompas TV video cerita indonesia

Ini Pengakuan Siswi Non-Muslim yang Sudah Lama Memakai Jilbab ke Sekolah

Kompas.tv - 25 Januari 2021, 16:23 WIB
Penulis : Abdur Rahim

PADANG, KOMPAS.TV – Aturan yang mewajibkan siswi non-muslim untuk memakai jilbab ke sekolah telah menuai pro kontra di masyarakat, terutama sejak viralnya video seorang wali murid SMKN 2 Padang, yang dipanggil pihak sekolah lantaran sang anak tak memakai jilbab.

Aturan untuk memakai jilbab ini ternyata telah diberlakukan sejak tahun 2005 di sekolah-sekolah di Padang, Sumatera barat.

Angelia Zega, adalah siswi protestan di SMKN 2 Padang. Dirinya mengaku, telah memakai jilbab semenjak SMP demi mengikuti peraturan sekolah yang ada.

“Dari SMP juga pakai jilbab, SMPN 4. Ngikutin peraturan sih, dan juga menyesuaikan. Itu secara pribadi ya”, ungkap Angel saat diwawancara Kompas TV.

Meski demikian, dirinya tidak mengaku terpaksa untuk menggunakan jilbab tersebut.

“Ada di peraturannya ada untuk kita memakai atribut dan memakai jilbab gitu, tapi tidak ada unsur paksaan. Boleh menolak, dan bisa mengusulkan secara pribadi juga. Kebetulan Angel mengikuti aja gitu, karena Angel merasa ini Cuma atribut”, ungkapnya menambahkan.

Baca Juga: Heboh!! Siswi Non-Muslim Dipaksa Pakai Jilbab ke Sekolah

Selain Angel, Eka Maria Putri juga merupakan seorang siswi beragama kristen yang bersekolah di SMKN 2 Padang.

Ia pun mengamini, telah memakai jilbab semenjak SD, lantaran mengikuti aturan sekolah.

Pada awalnya, ia sempat merasa terpaksa untuk menggunakan jilbab tersebut.

“Terpaksa? kembali lagi di awalnya tentu iya, karena agama saya non-muslim, kristen. Tapi karena  sudah terbiasa, karena lingkungan saya sekitarnya muslim dan diarahkan menggunakan hijab, jadi saya nggak terpaksa lagi kok Pak. Seenggaknya seragam dengan teman-teman yang lain”, ungkap Eka kepada Kompas TV.

Ia pun mengaku, rindu untuk melepaskan jilbabnya ketika berada di sekolah. Apabila diperbolehkan, dirinya mengaku akan melepas hijab tersebut.

“Pastinya saya rindu sekali melepaskan hijab saya Pak. (Jika dibolehkan) Saya akan melepaskan hijab saya, dan pastinya rambutnya dirapiin sesuai dengan peraturan juga”, pungkasnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x