Kompas TV entertainment film

Godzilla vs Kong: Kok Bisa Tinggi Kong Nyaris Setara dengan Godzilla?

Kompas.tv - 25 Januari 2021, 16:12 WIB
godzilla-vs-kong-kok-bisa-tinggi-kong-nyaris-setara-dengan-godzilla
Cuplikan film Godzilla vs Kong. (Sumber: ImdB)
Penulis : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jaminan pertarungan seru akan tersaji dalam film Godzilla vs Kong yang trailer perdananya diluncurkan hari ini, Senin (25/1/2021). Tapi, ngomong-ngomong, kenapa tinggi Kong dalam trailer tampak sejajar atau tak jauh berbeda dengan Godzilla?

Pertama yang harus diketahui, Kong memiliki ketinggian yang bervariasi di berbagai filmnya. Dari mulai yang “hanya” 25 kaki atau 7,62 meter, 55 kaki atau setara dengan 16,7 meter, hingga versi terbesar yang muncul di Kong: Skull Island (2017), yakni 104 kaki atau 31,6 meter.

Adapun Godzilla dalam film ini disebut memiliki tinggi hingga 393 kaki atau mencapai 119 meter. Dengan ukuran Godzilla yang tiga kali lipat lebih tinggi dari Kong di Skull Island, maka diputuskan di film ini bahwa keduanya harus memiliki tinggi setara atau minimal tak jauh berbeda.

Rasionalisasinya: tubuh Kong masih mengalami evolusi.

Perubahan ukuran Kong sebetulnya dirasa wajar oleh Co-Produser Kong: Skull Island versi tahun 1973, Mary Parent. Dijelaskan Mary kepada IGN, Kong ketika itu masih "seekor superspesies remaja yang kelak akan tumbuh menjadi alfa (predator tertinggi di rantai makanan).” 

Penjelasan mengenai pertumbuhan Kong juga sempat muncul dalam Kong: Skull Island (2017). Ketika itu, karakter Hank Marlow (John C. Reilly), seorang letnan Angkatan Udara PD II yang terdampar di Skull Island selama hampir 30 tahun, menjelaskannya kepada James Conrad (Tom Hiddleston) dan Mason Weaver (Brie Larson). 

“Kong adalah Tuhan di pulau itu, tapi ada iblis yang hidup di bawah tanah,” ujarnya.

Adapun iblis yang dimaksud adalah gerombolan Skull Crawlers: monster yang menghabisi seluruh keluarga Kong. Itulah kenapa Kong jadi sangat marah ketika sekelompok manusia datang dan mengebom pulau itu hingga membangunkan Skull Crawlers.

"Mahluk-mahluk itu menghabisi keluarganya dan Kong adalah yang terakhir dari jenisnya. Tetapi dia masih terus bertumbuh, dan sebaiknya kalian juga berharap demikian,” jelas Marlow.

Jadi, mengingat ada rentang sekitar 50 tahun antara peristiwa di Skull Island dan Godzilla vs. Kong nanti, maka cukup masuk akal jika Kong telah mencapai versi alfa dan ukurannya nyaris menyamai Godzilla.

Untuk lebih jelasnya, tunggu film Godzilla vs Kong yang akan segera tayang di HBO Max tanggal 26 Maret 2021 nanti, ya!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.