Kompas TV regional berita daerah

Minyak Goreng Bekas Bisa Jadi Sabun Antibakteri, Begini Caranya

Kompas.tv - 25 Januari 2021, 14:36 WIB
minyak-goreng-bekas-bisa-jadi-sabun-antibakteri-begini-caranya
Sabun antibakteri berbahan minyak goreng bekas dan tanaman jarak pagar. (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Minyak goreng ternyata bisa jadi bahan sabun antibakteri. Sekelompok mahasiswa UNY berinovasi menciptakan sabun antibakteri berbahan minyak goreng bekas dan tanaman jarak pagar.

Bukan tanpa alasan mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas MIPA UNY, Asmi Aris, Ilyas Gistiana, dan Hafiizhoh Hanafia memilih minyak goreng dan tanaman jarak pagar sebagai bahan utama sabun antibakteri.

Antibakteri merupakan zat yang dapat menghambat dan membunuh pertumbuhan bakteri yang bertujuan untuk mencegah terjadinya infeksi. Masalahnya, Food and Drug Administration (FDA) telah melarang peredaran sabun antibakteri. Alasannya, pada bahan sabun tertentu terdapat zat yang terbukti tidak aman dan tidak efektif untuk penggunaan jangka panjang, yakni triclosan dan triclocarban.

Baca Juga: Terobosan Tiongkok: Pesawat Tenaga Minyak Goreng

Oleh karena itu, salah satu cara menghindari efek samping yang ditimbulkan oleh triclocarban adalah penggunaan antibakteri dari bahan alam. Salah satunya, senyawa saponin yang dapat diperoleh dari alam dan mempunyai efek antibakteri. Salah satu tanaman yang berpotensi sebagai antibakteri adalah jarak pagar (Jatropha curcas Linn). Tanaman jarak pagar merupakan tanaman herbal yang memiliki aktivitas antibakteri karena mengandung flavonoid, saponin, dan tanin.

“Kandungan asam lemak bebas yang cukup tinggi pada minyak goreng bisa diolah menjadi sabun melalui proses saponifikasi dengan larutan alkali,” ujar Asmi Aris, dalam siaran pers, Senin (25/1/2021).

Terlebih jumlah limbah minyak goreng berlimpah sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan sabun antibakteri.

Hafiizhoh Hanafia menjelaskan sabun yang dihasilkan merupakan jenis sabun padat yang diperuntukkan sebagai sabun cuci tangan. Ekstrak daun jarak ditambahkan untuk memberikan efek anti bakteri sehingga sabun ini baik digunakan untuk menunjang kebersihan dan kesehatan.

Baca Juga: Dua Merek Minyak Goreng yang Tak Memiliki Izin

Kelayakan sabun diuji berdasarkan SNI 06-3532-1994 untuk mengetahui karakter fisik dan kimia sabun sehingga aman untuk digunakan. Hasilnya, sabun antibakteri minyak goreng dan daun jarak pagar positif memiliki aktivitas anti bakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococus aureus dan Escherichia coli.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x