Kompas TV internasional kompas dunia

AS Tutup Pintu Untuk Warga dari 30 Negara Ini Demi Cegah Penyebaran Varian Baru Virus Covid-19

Kompas.tv - 25 Januari 2021, 14:18 WIB
as-tutup-pintu-untuk-warga-dari-30-negara-ini-demi-cegah-penyebaran-varian-baru-virus-covid-19

Pemerintahan Joe Biden mengatakan kebijakan pelarangan masuk  orang dari 30 negara itu diambil pemerintah untuk menekan penyebaran virus Corona, terutama varian baru dari virus tersebut yang muncul di Inggris, Afrika Selatan, dan kini di Brazil (Sumber: AP Photo / Evan Vucci)

Penulis : Edwin Shri Bimo

Pemerintahan Joe Biden mengatakan kebijakan pelarangan masuk  orang dari 30 negara itu diambil pemerintah untuk menekan penyebaran virus Corona, terutama varian baru dari virus tersebut yang muncul di Inggris, Afrika Selatan, dan kini di Brazil (Sumber: AP Photo / Evan Vucci)

WASHINGTON DC, KOMPAS.TV – Pemerintah Amerika Serikat mulai Sabtu 30/01/2021 akan menutup pintu masuk bagi warga 30 negara, dan melarang seluruh orang asing yang baru melakukan perjalanan ke Afrika Selatan, Brazil, Inggris, Irlandia dan 26 negara anggota Schengen untuk masuk Amerika Serikat, seperti dilansir Kompas, seperti dilansir Kompas.om, (25/01/2021)

Reuters hari Senin, (25/01/2021) melaporkan, kebijakan itu diambil pemerintahan Joe Biden untuk menekan penyebaran virus Corona, terutama varian baru dari virus tersebut yang muncul di Inggris, Afrika Selatan, dan kini di Brazil.

Melansir Reuters, Senin (25/1/2021) Dr. Anne Schuchat, wakil direktur utama CDC mengatakan kebijakan travel ban untuk negara-negara tersebut akan mulai berlaku pada Sabtu (30/01/2021). "Kami menambahkan Afrika Selatan ke dalam daftar karena adanya temuan varian (virus corona) yang mengkhawatirkan, dan telah menyebar ke luar Afrika Selatan," kata Schuchat

Menurut Dr. Anne Schuchat dalam sebuah wawancara, Minggu (24/1/2021). CDC menerapkan rangkaian tindakan ini untuk melindungi warga AS, dan juga untuk mengurangi risiko penyebaran varian ini, yang dapat memperburuk situasi pandemi Covid-19 saat ini.

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 di AS Capai 25 Juta, Biden Kritik Strategi Pendistribusian Vaksin Era Trump

Travel ban hampir dicabut Donald Trump

Melansir NBC News, Senin (25/1/2021), sebelumnya, mantan Presiden AS Donald Trump pada 18 Januari 2021 telah memerintahkan pencabutan travel ban untuk Brasil dan negara-negara Eropa mulai Selasa (26/1/2021).

Akan tetapi, dengan adanya pernyataan kebijakan terbaru dari Joe Biden, maka kebijakan era Trump itu otomatis gugur.

Dengan demikian, travel ban dari AS terhadap Brazil, Inggris, Irlandia, dan 26 negara Eropa yang termasuk Schengen countries, masih tetap berlaku, ditambah dengan Afrika Selatan, maka total ada 30 negara yang warga negaranya dilarang memasuki AS.

Baca Juga: Bawa AS Rujuk dengan WHO, Joe Biden Akan Gabung dengan Program COVAX



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.