Kompas TV nasional kesehatan

Cara Kerja dan Kekurangan GeNose, Alat Deteksi Covid-19 Buatan UGM

Kompas.tv - 25 Januari 2021, 13:31 WIB
cara-kerja-dan-kekurangan-genose-alat-deteksi-covid-19-buatan-ugm
GeNose pendeteksi Covid-19 karya peneliti UGM siap dipasarkan setelah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan. (Sumber: Dokumentasi Humas UGM)
Penulis : Ahmad Zuhad

JAKARTA, KOMPAS,TV - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan akan memasang GeNose di seluruh stasiun kereta api. Masyarakat bisa menggunakan alat deteksi Covid-19 buatan peneliti UGM itu mulai 5 Februari 2021.

Tim peneliti mengklaim alat ini dapat mendeteksi penderita Covid-19 dalam waktu kurang dari 2 menit. Mereka juga mengatakan, tingkat akurasi GeNose berada di kisaran 90 persen.

Ketua Tim Pengembang GeNose Kuwat Triyana mengaku, GeNose telah mendapat izin edar darurat dari Kemenkes.

Kuwat juga menyebut biaya tes GeNose C19 berkisar Rp 15-25 ribu.

Baca Juga: Siap Dipasarkan, GeNose Akan Diproduksi 3.000 Unit di Akhir Januari Ini

Alat itu dapat melakukan sekitar 120 kali pemeriksaan per hari, dengan perkiraan penggunaan selama 6 jam dan jeda 3 menit antar tiap pemeriksaan.

Tim peneliti mengaku, GeNose telah melalui uji profiling menggunakan 600 sampel data di Rumah Sakit Bhayangkara dan Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19 Bambanglipuro, Yogyakarta.

Cara Kerja

Sultan HB X mencoba GeNose saat rektor dan peneliti UGM melakukan audiensi (Sumber: istimewa)

Orang-orang terlebih dahulu diminta mengembuskan napas ke tabung GeNose.

Dian Kesumapramudya Nurputra, anggota tim pengembang GeNose, menjelaskan sensor-sensor dalam tabung itu akan mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC) dalam gas embusan napas.

Baca Juga: GeNose Bisa Pangkas Ketergantungan PCR Covid-19 Impor, Ini Alasannya

Kemudian, kecerdasan buatan GeNose akan menganalisis pola dan proporsi gas hingga menentukan apa orang itu positif atau negatif terjangkit Covid-19.

Analisis GeNose ini berdasarkan olahan data hasil uji profiling 600 orang relawan di Yogyakarta. Kecerdasan buatan GeNose telah mempelajari pola dan proporsi gas para relawan. Seperti kecerdasan buatan pada umumnya, GeNose masih terus mempelajari banyak data seiring banyak orang yang menggunakannya.

Kritik Ahli

Ahli Biologi Molekular Ahmad Utomo (Sumber: Youtube/Pak Ahmad)


Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.