Kompas TV regional berita daerah

BMKG Prediksi Puncak Musim Hujan Januari-Februari 2021

Kompas.tv - 25 Januari 2021, 13:05 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV -  Badan Meteorologi  Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim hujan  di Jawa Tengah diprakirakan terjadi pada bulan Januari hingga Februari 2021.

Sebagian besar wilayah yang sudah memasuki puncak musim hujan terutama di Jawa, Bali, Sulawesi Selatan hingga Nusa Tenggara. Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang Iis W Harmoko mengatakan, ada beberapa hal yang mempengaruhi puncak musim hujan saat ini. Salah satunya adalah fenomena la nina.

Untuk puncak musim penghujan di Jawa Tengah, biasanya terjadi awal di wilayah Jawa bagian Tengah yang memiliki kontur dataran tinggi. Setelah wilayah Tengah, lalu merambat ke seluruh wilayah Jawa Tengah. Sehingga prediksi puncak musim hujan terjadi hingga bulan Februari  2021.

Warga Jawa Tengah diminta untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, dan tanah longsor yang dapat membahayakan warga. Dan hujan lebat disertai kilat serta petir dan gelombang tinggi yang membahayakan pelayaran dan penerbangan.

#BMKG #MusimHujan #JawaTengah

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Opini

"Arch of Constantine"

24 April 2024, 20:58 WIB

Close Ads x