Kompas TV nasional wisata

Lezatnya Selat Solo, Kuliner Legendaris di Pasar Klewer Solo

Kompas.tv - 25 Januari 2021, 15:12 WIB
Penulis : Gempita Surya

SOLO, KOMPAS.TV - Berburu kuliner di Kota Solo, jangan sampai melewatkan santap siang di kawasan Pasar Klewer.

Berlokasi di Jalan DR. Radjiman No.5A, Gajahan, Kota Surakarta, Pasar Klewer menawarkan ragam kuliner layaknya food court di lantai 4.

Salah satu yang wajib dicoba adalah Selat Solo. Kuliner Solo legendaris yang satu ini memiliki perpaduan rasa ala Eropa dan Jawa, dengan memadukan olahan daging sapi dengan sayuran segar.

Bicara soal kuliner legendaris, warung makan Selat Solo Sasmito juga tidak kalah legendaris. Pengelolanya sudah menekuni usaha kuliner di Pasar Klewer sejak tahun 1970-an. Awalnya, ia sempat berjualan kupat tahu.

Dikenal dengan keaslian rasa dan harganya yang murah, kedai ini jadi incaran banyak wisatawan.

“Kalau nama, kalau nama itu dari Selat Solonya, jadi memang kita sudah banyak yang ngacungi jempol ya. Orang-orang yang, istilahnya pengunjung yang datang ke sini merasa puas untuk menu saya. Dia berbangga dalam arti murah, meriah merakyat. Banyak sekali konsumen saya yang dari luar kota, kalau bahasa menterengnya itu, ngefans menu saya,” ujar Sasmito Jati, pemilik warung makan Selat Solo Sasmito.

Selain Selat Solo, di sini Anda juga bisa menjajal menu lain seperti Sup Buntut dan Sup Iga.

Untuk melepas dahaga, semangkuk Es Dawet Telasih bisa jadi pilihan. Paduan cendol, bubur sumsum, ketan hitam, tape ketan, dan selasih yang disiram kuah santan, cocok untuk mendinginkan suasana di tengah teriknya cuaca Kota Solo.

Jangan khawatir masalah harga. Es Dawet Telasih bisa didapatkan dengan harga Rp7.000. Untuk Selat Solo serta Sup Buntut dan Sup Iga, dibanderol dengan harga masing-masing Rp17.000 dan Rp30.000 per porsinya.(*)

 

Cameraman/Video Editor: Agus Eko



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x