Kompas TV internasional kompas dunia

Buntut Challenge Maut, Italia akan Blokir Pengguna TikTok yang Tidak Buktikan Umurnya

Senin, 25 Januari 2021 | 11:04 WIB
buntut-challenge-maut-italia-akan-blokir-pengguna-tiktok-yang-tidak-buktikan-umurnya
Aplikasi TikTok (Sumber: The Verge)

PALERMO, KOMPAS.TV - Pengawas data privasi Italia memerintahkan aplikasi TikTok untuk memblokir akun yang tidak dapat diverifikasi usianya setelah anak berusia 10 tahun tewas karena mengikuti tantangan “blackout”.

Dalam pernyataannya, meskipun TikTok berkomitmen melarang pendaftaran untuk anak berusia di bawah 13 tahun, aturan tersebut kenyataannya mudah untuk dihindari.

“TikTok harus memblokir akun pengguna yang tidak diverifikasi hingga setidaknya hingga 15 Februari,” seru otoritas data Italia seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (23/01/2021).

Anak 10 tahun itu meninggal di Rumah Sakit Palermo setelah ditemukan pada Rabu lalu oleh saudara perempuannya yang berusia lima tahun di kamar mandi dengan ponselnya.

Orang tua sang anak memberi tahu pihak berwenang bahwa putri mereka berpartisipasi dalam “Blackout Challenge” yang dia lihat dari aplikasi.

Blackout challenge adalah tantangan mencekik diri sendiri sampai tak sadar dan berharap bisa sadar kembali beberapa saat kemudian.

“Kami tidak tahu dia berpartisipasi dalam game ini yang kami tahu putri kami menggunakan TikTok untuk menari atau menonton video. Bagaimana saya bisa membayangkan kekejaman ini?” ujarnya dalam koran La Repubblica.

Penulis : Fiqih Rahmawati


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:00
PRESIDEN AS JOE BIDEN AKAN HUKUM PIHAK YANG DIDUGA MELANGGAR HAM TERKAIT KASUS PEMBUNUHAN JURNALIS JAMAL KHASHOGGI   PLT JUBIR KPK ALI FIKRI TEGASKAN PIHAKNYA BEKERJA SESUAI PROSEDUR HUKUM YANG BERLAKU DALAM OTT 6 ORANG DI SULSEL   WAKIL KETUA MPR SYARIEF HASAN MINTA PEMERINTAH TINJAU ULANG SOAL IZIN INVESTASI MIRAS    BKPM BERENCANA MENGAJAK MUI UNTUK BERKOORDINASI TERKAIT PENERBITAN IZIN INVESTASI MIRAS DI DAERAH    POLISI TANGKAP 12 TERDUGA TERORIS DI SEJUMLAH WILAYAH DI JAWA TIMUR TERKAIT JARINGAN JAMAAH ISLAMIYAH   KETUM PBNU SAID AQIL SIROJ MINTA PEMERINTAH INSTRUKSIKAN KEPADA PNS HINGGA PEGAWAI BUMN MEMBAYAR ZAKAT 2,5%    PRESIDEN JOKOWI MINTA SEMUA JAJARAN NU BANTU PEMERINTAH DALAM MENYUKSESKAN PROGRAM VAKSINASI COVID-19   PRESIDEN JOKOWI MENGHADIRI HARLAH NAHDLATUL ULAMA (NU) KE-98 SECARA VIRTUAL   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL SEBUT PROGRAM PETANI MILENIAL DIMULAI PERTENGAHAN MARET 2021   GUNUNG MERAPI ERUPSI KEMBALI LUNCURKAN AWAN PANAS SEJAUH 1 KM PADA SABTU MALAM    POLDA METRO KLAIM KAMPUNG TANGGUH DI PASEBAN, SENEN, JAKPUS, MAMPU TEKAN PENYEBARAN COVID-19    KEMENKES: VAKSINASI GOTONG ROYONG HANYA DILAKUKAN OLEH PERUSAHAAN ATAU BADAN USAHA KEPADA KARYAWAN   JUBIR VAKSINASI COVID-19 TEGASKAN TAK ADA MEKANISME VAKSINASI MANDIRI BAGI INDIVIDU ATAU BELI SECARA PERORANGAN   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN TARGETKAN 38 JUTA ORANG SUDAH DIVAKSIN COVID-19 PADA AKHIR JUNI 2021