Kompas TV nasional peristiwa

Berencana Ngantor di Bali, Kini Muncul Tuntutan Sandi Ngantor di Sumatera

Kompas.tv - 25 Januari 2021, 11:00 WIB
berencana-ngantor-di-bali-kini-muncul-tuntutan-sandi-ngantor-di-sumatera
Sandiaga Uno saat membawa keluarganya ke Perkebunan Kampung Agrinex di Pandeglang, Banten (Sumber: INSTAGRAM/ SANDIGA UNO)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Rencana Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang akan berkantor sebulan sekali di Bali mendapat respons dari senator muda asal Provinsi Bengkulu, Sultan B. Najamuddin. Menurutnya, bukan hanya di Bali, Sandiaga juga harus ngantor di Sumatera Utara.    

"Mewakili seluruh anggota DPD RI sub wilayah barat I, tentu kami akan sangat gembira sekali jika Pak Menteri Sandiaga bisa menjadwalkan pula untuk tidak hanya berkunjung, tapi juga berkantor di salah satu provinsi yang berada di Pulau Sumatera. Banyak sekali potensi wisata yang berbasis eco tourisme bisa didorong untuk menjadi salah satu pusat destinasi wisata dengan standar nasional bahkan internasional," kata Wakil Ketua DPD Sultan B. Najamuddin dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/1/2021).

Baca Juga: Sandiaga Uno Pastikan Akan Berkantor di Bali Sebulan Sekali

Menurut Sultan, Pulau Bali sudah memenuhi seluruh aspek yang dibutuhkan sebagai syarat pariwisata bertaraf internasional. Mulai dari kultur sampai sarana infrastruktur penunjang lainnya dalam mendukung keberlangsungan sektor pariwisata.

"Justru sebaliknya, seharusnya yang mendapatkan perhatian oleh pemerintah adalah potensi-potensi wisata daerah lainnya yang belum dikelola secara optimal," kata  Sultan.

Nah, Pulau Sumatera selain terkenal dengan potensi alamnya, juga punya segudang potensi wisata yang tak kalah dan harus dikembangkan.

Misalnya, Danau Toba yang  menyimpan banyak potensi wisata, kemudian berbagai pulau di sekitarnya, hutan hujan tropis yang sedemikian luasnya, dan keanekaragaman budaya yang luar biasa membuat tujuan wisata Sumatera patut diperhitungkan.

Baca Juga: Bahas Dunia Usaha Bertahan di Tengah Pembatasan dengan Sandiaga Uno

Belum lagi kondisi geografis Pulau Sumatera yang dikelilingi perairan tentunya menjadi nilai tambah tersendiri bagi pulau ini. Terdapat banyak pantai indah yang berderet di sepanjang garis pantai Pulau Sumatera.

"Inilah konsep inklusivitas dalam pariwisata yang diharapkan dapat menjadi narasi yang menyatukan di dalam memajukan pariwisata Indonesia di masa depan. Jadi pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mesti menggandeng seluruh pihak yang berkepentingan dengan membangun proyeksi rencana jangka panjang dalam penguatan sektor pariwisata di Pulau Sumatera," demikian harapan Sultan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.