Kompas TV internasional kompas dunia

Virus Corona yang Ditemukan di Selandia Baru Merupakan Varian Afrika Selatan

Senin, 25 Januari 2021 | 09:44 WIB
virus-corona-yang-ditemukan-di-selandia-baru-merupakan-varian-afrika-selatan
Menteri Tanggap Covid-19 Selandia Baru Chris Hipkins (kiri) dan Direktur Jenderal Kesehatan Ashley Bloomfield mengumumkan ditemukannya satu kasus positif Covid-19 dalam komunitas, Minggu (24/1/2021) di Wellington, Selandia Baru. Kasus ini merupakan pertama kalinya dalam komunitas dalam dua bulan terakhir. (Sumber: newshub.co.nz)

WELLINGTON, KOMPAS.TV – Pada Minggu (24/1/2021), untuk pertama kalinya ditemukan kembali virus corona dalam komunitas di Selandia Baru. Sebelumnya, negara ini telah terbebas dari virus corona yang menyebar di komunitas selama dua bulan.

Pejabat kesehatan di Selandia Baru mengatakan, dalam pengujian genom yang mereka lakukan, menunjukkan seorang wanita yang terkonfirmasi positif Covid-19 tertular dari wisatawan lain yang baru tiba di Selandia Baru. Wanita ini tertular hanya sesaat sebelum meninggalkan tempat karantina.

Hingga saat ini, belum ada bukti bahwa virus telah menyebar lebih jauh dalam komunitas di negara ini.

Baca Juga: Selandia Baru Catat Kasus Covid-19 Komunitas, Kasus Pertama Dalam Dua Bulan Terakhir

"Kasus tersebut sekarang telah diberi status 'dikonfirmasi'. Kemarin, kasus ini masih dalam status ‘mungkin’, sekarang menjadi kasus yang dikonfirmasi. Suami orang tersebut dan seorang penata rambut, telah dites negatif dan itu sangat menggembirakan," kata Menteri Penanggulangan Covid-19 Selandia Baru Chris Hipkins, Senin (25/1/2021) di Wellington.

Direktur Jenderal Kesehatan Ashley Bloomfield mengatakan, wanita berusia 56 tahun itu baru saja kembali dari Eropa. Selama dua minggu di karantina, dia telah menjalankan tes sebanyak dua kali dan dinyatakan negatif. Kemudian dia diperkenankan meninggalkan fasilitas karantina pada 13 Januari.

Namun demikian, beberapa minggu kemudian dia mengalami gejala sakit yang ringan seperti nyeri otot. Dia kemudian menjalankan tes Covid-19 kembali pada Sabtu (23/1/2021) dan dinyatakan positif.

Penulis : Tussie Ayu


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


KOMPAS BISNIS

OJK Perpanjang Restrukturisasi Kredit

Sabtu, 27 Februari 2021 | 01:56 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
04:35
BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 5,2 YANG GUNCANG HALMAHERA SELATAN, MALUKU UTARA, JUMAT MALAM TAK BERPOTENSI TSUNAMI   MULAI 26 FEBRUARI 2021, PEMPROV DKI JAKARTA UJI COBA JALUR SEPEDA PERMANEN SUDIRMAN-THAMRIN    KSPI MENOLAK KERAS JIKA BIAYA VAKSINASI COVID-19 MANDIRI ATAU GOTONG ROYONG DIBEBANI KEPADA BURUH    WAKIL KETUA KOMISI IX DPR MELKI LAKA LENA INGATKAN PENDATAAN PROGRAM VAKSINASI GOTONG ROYONG DIPERJELAS & DETAIL    WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA SEBUT VAKSINASI BAGI TENAGA KESEHATAN BAIK UNTUK DOSIS 1 DAN 2 SUDAH MENCAPAI 65,3 PERSEN   KEMENKES: PESERTA VAKSINASI GOTONG ROYONG AKAN MENDAPATKAN KARTU VAKSINASI COVID-19 DAN SERTIFIKAT ELEKTRONIK    KEMENKES MENYATAKAN AKAN TETAPKAN TARIF MAKSIMAL PELAYANAN VAKSINASI GOTONG ROYONG   MENHUB: LAYANAN TES COVID-19 GENOSE SUDAH MULAI DITERAPKAN DI PELABUHAN TERMINAL TANJUNG PRIOK, JAKARTA UTARA   KEMENKES SEBUT VAKSIN SINOVAC, ASTRAZENECA, NOVAVAX, DAN PFIZER TAK DIGUNAKAN DALAM VAKSINASI GOTONG ROYONG   PT BIO FARMA AKAN MENJADI IMPORTIR DAN DISTRIBUTOR VAKSIN COVID-19 UNTUK VAKSINASI GOTONG ROYONG   PT BIO FARMA MENYATAKAN JENIS VAKSIN GOTONG ROYONG HARUS BERBEDA DENGAN VAKSIN UNTUK PROGRAM PEMERINTAH    KEMENKES: VAKSIN COVID-19 UNTUK VAKSINASI GOTONG ROYONG HARUS MENDAPAT IZIN PENGGUNAAN DARURAT DARI BPOM    KEMENTERIAN BUMN SEBUT BIAYA VAKSINASI GOTONG ROYONG UNTUK BURUH DAN KARYAWAN SWASTA DITANGGUNG PERUSAHAAN    KEMENTERIAN BUMN: 6.664 PERUSAHAAN TELAH DAFTAR PROGRAM VAKSINASI COVID-19 MANDIRI ATAU GOTONG ROYONG MELALUI KADIN