Kompas TV regional berita daerah

Relawan PMI Ikuti Simulasi Hadapi Gempa Bumi

Kompas.tv - 25 Januari 2021, 08:09 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Sekitar 60 relawan di Kabupaten Pekalongan dilibatkan dalam simulasi mandiri evakuasi bila sewaktu-waktu terjadi gempa bumi. Dalam simulasi ini melibatkan Relawan Korps Sukarela (KSR) dari beberapa universitas yang ada di Pekalongan.

 

Simulasi seolah-olah adanya gempa bumi pada gedung bertingkat ketika sedang ada acara rapat. Pelatih memberikan materi apa yang dilakukan ketika terjadi gempa bumi dengan berlindung dibawah meja maupun kursi untuk menghindari benda jatuh dari atas.

 

Pelatih juga memberikan materi simulasi agar relawan tidak panik saat terjadi gempa bumi sehingga bisa menolong orang lain.

 

Ponco Setyo Wijanarko selaku pelatih mengatakan simulasi digelar karena Kabupaten Pekalongan juga rawan bencana gempa bumi, banjir, longsor dan angin kencang. Simulasi juga digelar sebagai edukasi kepada relawan mengenai gempa bumi yang terjadi tanpa memberikan tanda-tanda.

 

Dengan adanya simulasi ini diharapkan relawan bisa tahu apa yang harus dilakukan ketika ada gempa bumi. Serta bisa mengedukasi ke masyarakat dengan melakukan sosialisasi tentang penyelamatan mandiri saat terjadi gempa bumi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.