Kompas TV regional sosial

Keren! Relawan Rakit Pembangkit Listrik Tenaga Surya Untuk Kebutuhan Listrik Korban Gempa Majene

Kompas.tv - 25 Januari 2021, 07:50 WIB
Penulis : Dea Davina

MAJENE, KOMPAS.TV - Sejumlah upaya terus dilakukan untuk membantu korban gempa bumi, di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, khususnya daerah yang masih terisolasi.

Bukan hanya bantuan logistik, relawan pun kini berupaya menyiapkan jaringan listrik dengan merakit puluhan panel tenaga surya, untuk digunakan di sejumlah desa dan pengungsian.

Pembangkit listrik tenaga surya portabel dengan daya mencapai 100 watt ini, dirakit secara maraton oleh relawan dari Fakultas Teknik Industri, Universitas Muslim Indonesia.

Tidak kurang dari 30 unit pembangkit listrik tenaga surya portabel akan dirakit dan nantinya dipasang di sejumlah desa dan titik pengungsian di Kecamatan Ulumanda.

Diharapkan, pembangkit listrik tenaga surya portable ini mampu menerangi rumah warga dan pengungsian, yang saat ini masih terisolasi dan tidak punya jaringan listrik.

Material longsor yang menutup jalan penghubung 5 desa di Kecamatan Ulu Manda, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat mulai dibersihkan.

Pemerintah Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, mulai menurunkan alat berat untuk membersihkan material longsor.

Diharapkan, dengan dibersihkannya material longsor yang menutup akses jalan, distribusi bantuan logistik untuk warga yang saat ini masih terisolasi, bisa segera tersalurkan. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x