Kompas TV nasional update corona

Anies: Sejak Covid-19 Masih Dianggap Enteng, Kami di DKI Jakarta Sudah Siap Menghadapinya

Kompas.tv - 24 Januari 2021, 17:57 WIB
anies-sejak-covid-19-masih-dianggap-enteng-kami-di-dki-jakarta-sudah-siap-menghadapinya
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpesan kepada warga Jakarta untuk menunjukkan pada generasi masa depan, bahwa kita mampu menghadapi pandemi Covid-19. (Sumber: Youtube Pemprov DKI Jakarta)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cengkareng di Jakarta Barat pada Sabtu, 23 Januari 2021.

Foto kunjungan tersebut lantas dibagikan Anies Baswedan di akun media sosial Instagram pribadinya.

"InsyaAllah, DKI Jakarta Tidak Pernah Lelah. Kami selalu serius, dalam menangani masalah Covid-19 ini," kata Anies melalui akun instagramnya @aniesbaswesan, Minggu, (24/1/2021).

Baca Juga: Pamer Wajah Baru Senen, Anies Baswedan Optimis Kembalikan Kejayaan Pasar Senen!

"Keseriusan itu diwujudkan dengan konsistensi kebijakan, dan peningkatan kemampuan: Testing, Tracing, dan Isolasi-Treatment."

Anies menjelaskan, kemampuan 3T itu diterapkan dengan sikap transparansi, keterbukaan dan selalu merujuk pada ilmu pengetahuan.

"Itu adalah prinsip penanganan Covid-19 di DKI," ucap Anies.

Dia menambahkan, sejak Covid-19 masih dianggap enteng, dan saat sebagian mengira hal tersebut terjadi dalam jangka pendek yang akan cepat selesai, DKI Jakarta sudah bersiap untuk menghadapi masalah ini sebagai urusan yang panjang.

Baca Juga: Anggota DPR Soal Usulan Anies: Pusat dan Daerah Harus Satu Komando Tangani Covid-19

RSUD Cengkareng, contohnya. Di awal pandemi, kata Anies, DKI telah menetapkan RSUD Cengkareng sebagai rumah sakit khusus Covid-19. Kapasitas dikembangkan dengan amat cepat.

"Kita menyadari, dengan belajar dari sejarah dan pengalaman kota lain di dunia, bahwa pandemi tidak pernah sebentar, serta memerlukan stamina panjang," ujar Anies.

Selain itu, semangat itu tampak di RSUD Cengkareng, salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 milik Pemerintah DKI dengan daya tampung paling besar.

Rumah Sakit ini memilki 80 ICU dan 240 ruang rawat isolasi non ICU. Rumah sakit ini juga terus menambah kapasitas ICU dan tempat tidur isolasi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x