Kompas TV regional berita daerah

Jadi Viral Terkait Siswa Nonmuslim Wajib Berjilbab, Ini Prestasi dari SMKN 2 Padang

Kompas.tv - 24 Januari 2021, 15:11 WIB
jadi-viral-terkait-siswa-nonmuslim-wajib-berjilbab-ini-prestasi-dari-smkn-2-padang
Tangkapan layar web site SMKN 2 Padang (Sumber: smk2padang.sch.id)
Penulis : Gading Persada

PADANG, KOMPAS.TV- Nama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Padang mendadak viral lantaran kebijakan di sekolah tersebut yang mewajibkan para siswai nonmuslim untuk berjilbab.

Membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyesalkan adanya kebijakan tersebut serta bakal memberika sanksi bagi setiap pelaku yang terbukti melanggar aturan di sekolah.

Dilansir dari Kompas.com, ternyata sekolah kejuruan tersebut bukanlah sekolah sembarangan. Segudang prestasi pernah dicapai SMKN 2 Padang ini.

Setidaknya ada 10 prestasi yang ditorehkan oleh SMKN 2 Padang. Mulai dari juara satu LKS SMK Tingkat Provinsi Sumetera Barat (Sumbar) Bidang Lomba Tourism Industri pada tahun 2014 hingga Juara dua Guru Berprestasi Tingkat Kota Padang di tahun yang sama.

Baca Juga: Mahfud MD: Kita Tak Boleh Mewajibkan Anak Non-Muslim Memakai Jilbab di Sekolah

Melansir laman SMKN2 Padang pada Minggu (24/1/2021), sekolah ini berada di bawah naungan Direktorat SMK. Sedangkan Direktorat SMK dikendalikan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi Kemendikbud.

Sekolah ini berada di Jalan Baru Andalas, No. 5, Padang, Sumatera Barat. Sebelum berubah nama menjadi SMKN 2 Padang, awalnya sekolah ini bernama SMEA Negeri 1 Padang. Sekolah ini diprakarsai oleh Ali Loeis dan Agus Thaib.
Hingga kini, SMKN 2 Padang telah 17 kali berganti kepemimpinan atau kepala sekolah, mulai dari Ali Loeis, Agus Thaib, Widoto, Soetan Syahrial, Muchtaruddin, dan Jasmi Ilyas. Kemudian Mohd. Nudjus, Anasmen, Yunizar Kobra, Amril M.Y Dt. Garang. Yusrizal, Edi Suheri, Suharto Sisar, Yunaldi, Abdullah, Raymond, serta Rusmadi.

Baca Juga: Komnas HAM Akan Panggil Dinas Pendidikan Sumbar Terkait Pemaksaan Siswi Non Muslim Pakai Jilbab

Di bawah naungan Rusmadi, SMKN 2 Padang sekarang memiliki sarana dan prasarana sekolah yang cukup baik, seperti jenis bangunan yang mengelilingi sekolah, kondisi lingkungan sekolah, dan fasilitas sekolah.
Jumlah guru yang dimiliki SMKN 2 Padang cukup banyak. Sementara ada beberapa jabatan di bawah naungan Kepala Sekolah SMKN 2 Padang.

Jurusan

SMKN 2 Padang memiliki beberapa jurusan, yakni Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan, dan Usaha Perjalanan Wisata.

Baca Juga: Soal Jilbab, Dinas Pendidikan Sumatera Barat akan Evaluasi Aturan yang Diskriminatif

Setelah itu ada jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Akuntansi dan Keuangan Lembaga, serta Bisnis Daringan dan Pemasaran.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x