Kompas TV internasional kompas dunia

WHO Nobatkan Madinah Sebagai Kota Tersehat di Dunia, Ini Alasannya

Minggu, 24 Januari 2021 | 14:13 WIB
who-nobatkan-madinah-sebagai-kota-tersehat-di-dunia-ini-alasannya
Ilustrasi Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. (Sumber: SHUTTERSTOCK/SAMAREEN)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menobatkan Madinah sebagai kota tersehat di dunia. Akreditasi dari WHO diraih setelah tim dari organisasi kesehatan dunia ini mengunjungi Madinah dan menyatakan kota tersebut memenuhi standar sebagai kota sehat.

Dikutip dari Arabnews, Sabtu (23/1/2021), Madinah diyakini sebagai kota pertama dengan populasi lebih dari dua juta yang mendapat pengakuan tersebut. Upaya pemerintah kota Madinah untuk mendapatkan pengesahan sebagai kota tersehat di dunia mendapat dukungan dari warganya.

Sebanyak 22 badan pemerintah, komunitas, lembaga amal, dan relawan ikut membantu mempersiapkan kota tersebut untuk mendapatkan akreditasi dari WHO.

Baca Juga: WHO: Pandemi di Tahun 2021 Bisa Lebih Buruk Daripada 2020

Pemerintah kota Madinah secara khusus membentuk sebuah Komite yang diketuai oleh Presiden Universitas Taibah, Dr. Abdul Aziz Assarani, yang mengawasi 100 anggota yang mewakili 22 badan tersebut. 

Sejumlah kriteria telah disiapkan sebelumnya, termasuk dengan tujuan memenuhi target yang ditetapkan oleh Proyek Strategi Wilayah Madinah dan peluncuran program "Kota Manusiawi".

"Kota yang sehat adalah kota yang terus-menerus menciptakan dan meningkatkan lingkungan fisik dan sosialnya, serta memperluas sumber daya komunitas, yang memungkinkan penduduknya saling mendukung satu sama lain dalam menjalankan semua fungsi kehidupan dan berkembang secara maksimal," kata WHO dilansir di Arab News.   

Penulis : Dian Septina


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


KOMPAS BISNIS

OJK Perpanjang Restrukturisasi Kredit

Sabtu, 27 Februari 2021 | 01:56 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
04:03
BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 5,2 YANG GUNCANG HALMAHERA SELATAN, MALUKU UTARA, JUMAT MALAM TAK BERPOTENSI TSUNAMI   MULAI 26 FEBRUARI 2021, PEMPROV DKI JAKARTA UJI COBA JALUR SEPEDA PERMANEN SUDIRMAN-THAMRIN    KSPI MENOLAK KERAS JIKA BIAYA VAKSINASI COVID-19 MANDIRI ATAU GOTONG ROYONG DIBEBANI KEPADA BURUH    WAKIL KETUA KOMISI IX DPR MELKI LAKA LENA INGATKAN PENDATAAN PROGRAM VAKSINASI GOTONG ROYONG DIPERJELAS & DETAIL    WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA SEBUT VAKSINASI BAGI TENAGA KESEHATAN BAIK UNTUK DOSIS 1 DAN 2 SUDAH MENCAPAI 65,3 PERSEN   KEMENKES: PESERTA VAKSINASI GOTONG ROYONG AKAN MENDAPATKAN KARTU VAKSINASI COVID-19 DAN SERTIFIKAT ELEKTRONIK    KEMENKES MENYATAKAN AKAN TETAPKAN TARIF MAKSIMAL PELAYANAN VAKSINASI GOTONG ROYONG   MENHUB: LAYANAN TES COVID-19 GENOSE SUDAH MULAI DITERAPKAN DI PELABUHAN TERMINAL TANJUNG PRIOK, JAKARTA UTARA   KEMENKES SEBUT VAKSIN SINOVAC, ASTRAZENECA, NOVAVAX, DAN PFIZER TAK DIGUNAKAN DALAM VAKSINASI GOTONG ROYONG   PT BIO FARMA AKAN MENJADI IMPORTIR DAN DISTRIBUTOR VAKSIN COVID-19 UNTUK VAKSINASI GOTONG ROYONG   PT BIO FARMA MENYATAKAN JENIS VAKSIN GOTONG ROYONG HARUS BERBEDA DENGAN VAKSIN UNTUK PROGRAM PEMERINTAH    KEMENKES: VAKSIN COVID-19 UNTUK VAKSINASI GOTONG ROYONG HARUS MENDAPAT IZIN PENGGUNAAN DARURAT DARI BPOM    KEMENTERIAN BUMN SEBUT BIAYA VAKSINASI GOTONG ROYONG UNTUK BURUH DAN KARYAWAN SWASTA DITANGGUNG PERUSAHAAN    KEMENTERIAN BUMN: 6.664 PERUSAHAAN TELAH DAFTAR PROGRAM VAKSINASI COVID-19 MANDIRI ATAU GOTONG ROYONG MELALUI KADIN