Kompas TV internasional kompas dunia

WHO Nobatkan Madinah Sebagai Kota Tersehat di Dunia, Ini Alasannya

Kompas.tv - 24 Januari 2021, 14:13 WIB
who-nobatkan-madinah-sebagai-kota-tersehat-di-dunia-ini-alasannya
Ilustrasi Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. (Sumber: SHUTTERSTOCK/SAMAREEN)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menobatkan Madinah sebagai kota tersehat di dunia. Akreditasi dari WHO diraih setelah tim dari organisasi kesehatan dunia ini mengunjungi Madinah dan menyatakan kota tersebut memenuhi standar sebagai kota sehat.

Dikutip dari Arabnews, Sabtu (23/1/2021), Madinah diyakini sebagai kota pertama dengan populasi lebih dari dua juta yang mendapat pengakuan tersebut. Upaya pemerintah kota Madinah untuk mendapatkan pengesahan sebagai kota tersehat di dunia mendapat dukungan dari warganya.

Sebanyak 22 badan pemerintah, komunitas, lembaga amal, dan relawan ikut membantu mempersiapkan kota tersebut untuk mendapatkan akreditasi dari WHO.

Baca Juga: WHO: Pandemi di Tahun 2021 Bisa Lebih Buruk Daripada 2020

Pemerintah kota Madinah secara khusus membentuk sebuah Komite yang diketuai oleh Presiden Universitas Taibah, Dr. Abdul Aziz Assarani, yang mengawasi 100 anggota yang mewakili 22 badan tersebut. 

Sejumlah kriteria telah disiapkan sebelumnya, termasuk dengan tujuan memenuhi target yang ditetapkan oleh Proyek Strategi Wilayah Madinah dan peluncuran program "Kota Manusiawi".

"Kota yang sehat adalah kota yang terus-menerus menciptakan dan meningkatkan lingkungan fisik dan sosialnya, serta memperluas sumber daya komunitas, yang memungkinkan penduduknya saling mendukung satu sama lain dalam menjalankan semua fungsi kehidupan dan berkembang secara maksimal," kata WHO dilansir di Arab News.   



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.