Kompas TV entertainment lifestyle

Cara Menjaga Alat Pembersih Rumah Agar Tetap Higienis

Minggu, 24 Januari 2021 | 13:50 WIB
cara-menjaga-alat-pembersih-rumah-agar-tetap-higienis
Ilustrasi pembersih rumah kain pel. (Sumber: thinkstock/Kurhan)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Untuk benar-benar menjaga rumah tetap bersih dan bebas kuman, penting untuk tidak hanya membersihkan, tetapi juga memastikan setiap alat bersih.

Sayangnya, pembersih rumah seperti serbet, kain pel, sikat dan spons cuci piring justru menjadi tempat favorit bakteri dan kuman penyebab penyakit untuk berkembang biak.

1. Membersihkan kain lap

Kain lap yang hangat dan lembap adalah surga bagi bakteri. Untuk membuatnya bersih dan bebas bakteri, masukkan ke dalam mesin cuci dengan bahan pembersih yang mengandung pemutih.

Mesin cuci harus disetel setidaknya 60 derajat. Pengaturan suhu ini dan pemutih alkali akan membantu membasmi bakteri jahat, terutama jika ada anggota keluarga yang sedang sakit.

Keringkan dan jemur di bawah matahari langsung. Untuk kamu yang tak memiliki mesin cuci, rendam lap cairan pemutih pakaian, bilas dan rendam lap dengan air panas dan sabun. Cuci seperti biasa, bilas dan keringkan di bawah sinar matahari langsung.

 

Penulis : Dian Septina


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


KOMPAS BISNIS

OJK Perpanjang Restrukturisasi Kredit

Sabtu, 27 Februari 2021 | 01:56 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
05:21
BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 5,2 YANG GUNCANG HALMAHERA SELATAN, MALUKU UTARA, JUMAT MALAM TAK BERPOTENSI TSUNAMI   MULAI 26 FEBRUARI 2021, PEMPROV DKI JAKARTA UJI COBA JALUR SEPEDA PERMANEN SUDIRMAN-THAMRIN    KSPI MENOLAK KERAS JIKA BIAYA VAKSINASI COVID-19 MANDIRI ATAU GOTONG ROYONG DIBEBANI KEPADA BURUH    WAKIL KETUA KOMISI IX DPR MELKI LAKA LENA INGATKAN PENDATAAN PROGRAM VAKSINASI GOTONG ROYONG DIPERJELAS & DETAIL    WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA SEBUT VAKSINASI BAGI TENAGA KESEHATAN BAIK UNTUK DOSIS 1 DAN 2 SUDAH MENCAPAI 65,3 PERSEN   KEMENKES: PESERTA VAKSINASI GOTONG ROYONG AKAN MENDAPATKAN KARTU VAKSINASI COVID-19 DAN SERTIFIKAT ELEKTRONIK    KEMENKES MENYATAKAN AKAN TETAPKAN TARIF MAKSIMAL PELAYANAN VAKSINASI GOTONG ROYONG   MENHUB: LAYANAN TES COVID-19 GENOSE SUDAH MULAI DITERAPKAN DI PELABUHAN TERMINAL TANJUNG PRIOK, JAKARTA UTARA   KEMENKES SEBUT VAKSIN SINOVAC, ASTRAZENECA, NOVAVAX, DAN PFIZER TAK DIGUNAKAN DALAM VAKSINASI GOTONG ROYONG   PT BIO FARMA AKAN MENJADI IMPORTIR DAN DISTRIBUTOR VAKSIN COVID-19 UNTUK VAKSINASI GOTONG ROYONG   PT BIO FARMA MENYATAKAN JENIS VAKSIN GOTONG ROYONG HARUS BERBEDA DENGAN VAKSIN UNTUK PROGRAM PEMERINTAH    KEMENKES: VAKSIN COVID-19 UNTUK VAKSINASI GOTONG ROYONG HARUS MENDAPAT IZIN PENGGUNAAN DARURAT DARI BPOM    KEMENTERIAN BUMN SEBUT BIAYA VAKSINASI GOTONG ROYONG UNTUK BURUH DAN KARYAWAN SWASTA DITANGGUNG PERUSAHAAN    KEMENTERIAN BUMN: 6.664 PERUSAHAAN TELAH DAFTAR PROGRAM VAKSINASI COVID-19 MANDIRI ATAU GOTONG ROYONG MELALUI KADIN