Kompas TV entertainment lifestyle

Cara Menjaga Alat Pembersih Rumah Agar Tetap Higienis

Kompas.tv - 24 Januari 2021, 13:50 WIB
cara-menjaga-alat-pembersih-rumah-agar-tetap-higienis
Ilustrasi pembersih rumah kain pel. (Sumber: thinkstock/Kurhan)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Untuk benar-benar menjaga rumah tetap bersih dan bebas kuman, penting untuk tidak hanya membersihkan, tetapi juga memastikan setiap alat bersih.

Sayangnya, pembersih rumah seperti serbet, kain pel, sikat dan spons cuci piring justru menjadi tempat favorit bakteri dan kuman penyebab penyakit untuk berkembang biak.

1. Membersihkan kain lap

Kain lap yang hangat dan lembap adalah surga bagi bakteri. Untuk membuatnya bersih dan bebas bakteri, masukkan ke dalam mesin cuci dengan bahan pembersih yang mengandung pemutih.

Mesin cuci harus disetel setidaknya 60 derajat. Pengaturan suhu ini dan pemutih alkali akan membantu membasmi bakteri jahat, terutama jika ada anggota keluarga yang sedang sakit.

Keringkan dan jemur di bawah matahari langsung. Untuk kamu yang tak memiliki mesin cuci, rendam lap cairan pemutih pakaian, bilas dan rendam lap dengan air panas dan sabun. Cuci seperti biasa, bilas dan keringkan di bawah sinar matahari langsung.

 

2. Biarkan kain pel benar-benar kering

Untuk mencegah pertumbuhan bakteri, pastikan kain pel kering sebelum disimpan. Untuk melakukannya, mulailah dengan memeras kain pel sebanyak yang kamu bisa.

Kemudian letakkan kepala pel di luar runah atau gantung di atas tali jemuran yang terpancarkan sinar matahari secara alami yang akan membunuh bakteri dan jamur.

Baca Juga: Eco-Enzyme, Pembersih Serbaguna dari Sampah Organik, Begini Cara Membuatnya!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x