Kompas TV nasional sapa indonesia

Proses Vaksinasi Covid-19 Sudah Berjalan, Pengamat: Logistik Dan Distribusi Harus Sejalan

Minggu, 24 Januari 2021 | 11:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - 10 hari sudah vaksinasi covid-19 berjalan di sejumlah daerah.

Sejauh mana vaksinasi covid-19 dapat mendorong pemulihan pandemi dan pemulihan ekonomi di tahun 2021 ini?

Untuk membahasnya, sudah bergabung bersama kami epidemiolog Universitas Indoensia, Tri Yunis Miko Wahyono, dan Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto. 

Pemerintah telah memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM di Pulau Jawa dan Bali, hingga 8 Februari mendatang.

Tingginya lonjakan kasus covid 19 mendasari kebijakan perpanjangan PPKM.

Lonjakan pasien corona seakan tak bisa dihindari.

Di Bogor, Jawa Barat, lonjakan penambahan kasus positif covid-19, membuat kebutuhan tempat tidur bagi pasien covid-19 terus menipis.

Untuk memenuhi kebutuhan tempat tidur pasien covid-19, Pemerintah Kota Bogor telah membuka rumah sakit lapangan dengan kapasitas 64 tempat tidur, yaitu di Wisma Atlet Kawasan GOR Pajajaran, Kota Bogor.

Di tengah penambahan kasus covid-19 yang terus melonjak, pemerintah optimistis program vaksinasi covid-19 yang tengah berjalan, dapat menjadi pemulih pandemi serta pemulih ekonomi nasional di tahun 2021.

Hal ini diungkapkan Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam Kompas 100 CEO Forum After Lunch Discussion secara virtual.

Vaksinasi dilakukan untuk menciptakan kekebalan komunal.

Meski demikian, vaksinasi tetap harus diikuti dengan peningkatan testing, tracing dan treatment atau 3T.

Harapannya, vaksinasi covid-19 yang tengah berjalan, dapat mendorong pemulihan pandemi dan pemulihan ekonomi di tahun 2021 ini. 
 

Penulis : Dea Davina


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


KOMPAS BISNIS

OJK Perpanjang Restrukturisasi Kredit

Sabtu, 27 Februari 2021 | 01:56 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
04:41
BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 5,2 YANG GUNCANG HALMAHERA SELATAN, MALUKU UTARA, JUMAT MALAM TAK BERPOTENSI TSUNAMI   MULAI 26 FEBRUARI 2021, PEMPROV DKI JAKARTA UJI COBA JALUR SEPEDA PERMANEN SUDIRMAN-THAMRIN    KSPI MENOLAK KERAS JIKA BIAYA VAKSINASI COVID-19 MANDIRI ATAU GOTONG ROYONG DIBEBANI KEPADA BURUH    WAKIL KETUA KOMISI IX DPR MELKI LAKA LENA INGATKAN PENDATAAN PROGRAM VAKSINASI GOTONG ROYONG DIPERJELAS & DETAIL    WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA SEBUT VAKSINASI BAGI TENAGA KESEHATAN BAIK UNTUK DOSIS 1 DAN 2 SUDAH MENCAPAI 65,3 PERSEN   KEMENKES: PESERTA VAKSINASI GOTONG ROYONG AKAN MENDAPATKAN KARTU VAKSINASI COVID-19 DAN SERTIFIKAT ELEKTRONIK    KEMENKES MENYATAKAN AKAN TETAPKAN TARIF MAKSIMAL PELAYANAN VAKSINASI GOTONG ROYONG   MENHUB: LAYANAN TES COVID-19 GENOSE SUDAH MULAI DITERAPKAN DI PELABUHAN TERMINAL TANJUNG PRIOK, JAKARTA UTARA   KEMENKES SEBUT VAKSIN SINOVAC, ASTRAZENECA, NOVAVAX, DAN PFIZER TAK DIGUNAKAN DALAM VAKSINASI GOTONG ROYONG   PT BIO FARMA AKAN MENJADI IMPORTIR DAN DISTRIBUTOR VAKSIN COVID-19 UNTUK VAKSINASI GOTONG ROYONG   PT BIO FARMA MENYATAKAN JENIS VAKSIN GOTONG ROYONG HARUS BERBEDA DENGAN VAKSIN UNTUK PROGRAM PEMERINTAH    KEMENKES: VAKSIN COVID-19 UNTUK VAKSINASI GOTONG ROYONG HARUS MENDAPAT IZIN PENGGUNAAN DARURAT DARI BPOM    KEMENTERIAN BUMN SEBUT BIAYA VAKSINASI GOTONG ROYONG UNTUK BURUH DAN KARYAWAN SWASTA DITANGGUNG PERUSAHAAN    KEMENTERIAN BUMN: 6.664 PERUSAHAAN TELAH DAFTAR PROGRAM VAKSINASI COVID-19 MANDIRI ATAU GOTONG ROYONG MELALUI KADIN