Kompas TV entertainment film

Acasa, My Home , Film Dokumenter Tentang Sebuah Keluarga di Tepi Peradaban

Minggu, 24 Januari 2021 | 01:24 WIB
acasa-my-home-film-dokumenter-tentang-sebuah-keluarga-di-tepi-peradaban
Anak-anak keluarga Enache dalam salah satu adegan di film dokumenter "Acasa, My Home". (Sumber: Zeitgeist Films / Kino Lorber via AP)

BUKARES, KOMPAS.TV – Tepat di pinggiran Bukares, Rumania, sebuah keluarga dengan 9 orang anak, pernah menyebut tanah di sekitar penampungan air dan pembuangan sampah yang terbengkalai, rumah.

Dilansir dari Associated Press, selama puluhan tahun, keluarga Enache tinggal berdampingan dengan alam dan tidur dalam sebuah gubuk yang meski sempit dan sesak, tapi nyaman. Mereka tak mengganggu kehidupan siapapun dan tak seorang pun mengganggu kehidupan mereka, sampai kota Bukares kemudian memutuskan mengubah area yang mereka tinggali menjadi sebuah taman publik hingga tak lagi bisa mereka tinggali. Selama 25 tahun tak tersentuh pembangunan, kawasan itu berkembang menjadi ekosistem dengan keragaman yang kaya. Namun, tiba-tiba keluarga Enache mendapati diri mereka harus menyesuaikan diri dengan kehidupan yang tak terbayangkan sebelumnya.

Baca Juga: The Dissident, Film Dokumenter Pembunuhan Keji Jurnalis Jamal Kashoggi

Kisah nyata luar biasa inilah yang diangkat dalam film dokumenter Rumania bertitel “Acasa, My Home” debutan pembuat film Radu Ciorniciuc. Sejak tayang perdana pada Festival Film Sundance tahun lalu, dokumenter ini menuai banyak penggemar di kalangan selebriti, termasuk Ethan Hawke dan sutradara Debra Granik. Disebut-sebut layak dinominasikan mendapat Oscar, Hawke membandingkan sejumlah gambar dalam dokumenter ini dengan karya sutradara Amerika Serikat (AS), Terrence Malick. Film ini kini juga diputar di bioskop virtual.

Ciorniciuc menghabiskan 4 tahun merekam kehidupan keluarga Enache, dua orang dalam kehidupan alam bebas dan dua lainnya dalam kehidupan di kota. Latar belakangnya sebagai jurnalis yang kerap meliput sejumlah topik seperti perbudakan di jaman modern, membuatnya menyadari bahwa membuat berita pendek sederhana tak cukup menangkap kompleksitas situasi yang ada.

Baca Juga: Sutradara Hendak Ungkap Pembunuh Ibunya Lewat Serial Film Dokumenter

Ketertarikannya bermula saat ia mendengar bahwa pemerintah kota Bukares berniat mengubah kawasan terbengkalai itu menjadi sebuah cagar alam. Ciorniciuc pun ingin melihat apa yang ada di sana. Dan apa yang disaksikannya di sana sungguh mencengangkannya.

Penulis : Vyara Lestari




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:56
MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY: KEMISKINAN DI TANAH AIR HARUS SEGERA DITANGANI UNTUK ATASI MASALAH "STUNTING"   KEMENTERIAN PPPA SEBUT PENURUNAN ANGKA "STUNTING" MENCEGAH TERJADINYA PERKAWINAN ANAK   WAPRES MA'RUF AMIN MINTA PEMPROV JAWA TIMUR SEGERA PENUHI FASILITAS YANG DIBUTUHKAN DI KAWASAN INDUSTRI HALAL   WAPRES MA'RUF AMIN BERHARAP PEMPROV JAWA TIMUR AKTIF MEMPROMOSIKAN KAWASAN INDUSTRI HALAL DI SIDOARJO   INDONESIA DAN SINGAPURA MEMBANGUN KAWASAN EKONOMI DIGITAL DAN TEKNOLOGI DI BATAM   KPK SELIDIKI KASUS DUGAAN SUAP TERKAIT PAJAK DI DJP KEMENKEU YANG DIDUGA CAPAI PULUHAN MILIAR RUPIAH   KEJAGUNG PERIKSA TIGA SAKSI ATAS KASUS DUGAAN KORUPSI PENGELOLAAN KEUANGAN & DANA INVESTASI DI BPJS KETENAGAKERJAAN   KPK SEBUT PENGGANTI POSISI DEWAN PENGAWAS YANG DITINGGALKAN ARTIDJO ALKOSTAR AKAN DITENTUKAN PRESIDEN JOKOWI   KEJAKSAAN AGUNG PERIKSA TUJUH ORANG SAKSI TERKAIT PERKARA DUGAAN KORUPSI DI PT ASABRI   HARI INI, MENKES BUDI GUNADI SADIKIN MENINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 BAGI ULAMA, PIMPINAN, DAN PENGURUS MUI   SATGAS: SAAT INI SEJUMLAH DAERAH DI PULAU JAWA DAN BALI SEDANG MELAKUKAN PROSES INTEGRASI DATA COVID-19   SATGAS COVID-19 AKAN EVALUASI DAN PANTAU PENJAGAAN DI PINTU MASUK INDONESIA, MENYUSUL MUTASI VIRUS KORONA B.1.1.7   HINGGA 3 MARET 2021, PASIEN COVID-19 DI RUMAH SAKIT WISMA ATLET KEMAYORAN MENCAPAI 4.621 ORANG   DINKES DKI SEBUT HINGGA SAAT INI, 63 PERSEN TEMPAT TIDUR ISOLASI PASIEN COVID-19 DI JAKARTA TELAH TERISI