Kompas TV nasional sosial

Mendikbud Nadiem Makarim: Pertama Kalinya Semua Guru Honorer Berkesempatan Jadi PPPK

Kompas.tv - 23 Januari 2021, 00:08 WIB
mendikbud-nadiem-makarim-pertama-kalinya-semua-guru-honorer-berkesempatan-jadi-pppk
Guru sedang mengajar di dalam kelas. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Seluruh guru honorer saat ini memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021.

Demikian hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim.

Baca Juga: Mendikbud Nadim Kasih Kesempatan 3 Kali Buat Guru Honorer Ikut Tes PPPK di 2021

Nadiem menyebut, seleksi PPPK menjadi salah satu program terbesar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada tahun ini.

"Sekarang pertama kalinya semua guru honorer bisa mendapatkan kesempatan untuk menjadi P3K," kata Nadiem melalui tayangan YouTube FMB9ID_IKP, Jumat (22/1/2021).

Sebelum mengikuti seleksi, Nadiem mengatakan, pihaknya akan menyiapkan kapasitas dan kompetensi para guru honorer agar lolos seleksi PPPK.

Baca Juga: Pengabdian Ibu Guru Honorer di Tengah Pandemi, Rela Datangi Siswa Untuk Mengajar

Adapun upaya ini ditempuh dengan menyediakan modul dan pembelajaran secara online atau daring untuk para guru honorer yang hendak mengikuti seleksi.

Guna memperbesar peluang kelulusan, Nadiem menuturkan, para guru honorer bahkan dapat mengikuti seleksi tidak hanya sekali, tetapi hingga 3 kali.

"Enggak kita tinggalkan begitu saja, kalau dia gagal lolos tes seleksi itu masih ada kesempatan dua kali lagi untuk mengambil tesnya di tahun ini maupun di tahun depan," ujar Nadiem.

Baca Juga: Simak, Begini Proses Seleksi 1 Juta Guru Jalur PPPK 2021

Nadiem mengatakan, guru honorer yang lolos seleksi dan ditetapkan menjadi PPPK akan mendapat renumerasi yang setara dengan pegawai negeri sipil (PNS).

Dia pun menambahkan, bahwa program ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para guru di Tanah Air.

"Itu adalah program kita yang akan secara berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kompetensi guru tanpa mengorbankan kualitas pembelajaran untuk murid-murid kita," kata Nadiem.

Baca Juga: Tak Perlu Jadi PNS, PPPK Juga Bisa Dapat Jaminan Pensiun

Sebelumnya, Nadiem menyampaikan bahwa hanya guru honorer yang lulus seleksi bisa menjadi PPPK. Kapasitas guru yang akan ditetapkan sebagai PPPK mencapai 1 juta orang.

Apabila 1 juta orang yang lulus seleksi, semua orang yang lulus itu berhak menjadi PPPK.

"Kalau cuma 200.000 yang lulus, itu yang bisa jadi PPPK. Bahkan kalau yang lulus 100 ribu orang, itu yang akan diangkat menjadi PPPK," kata Nadiem dalam acara Taklimat Media Awal Tahun 2021 secara daring, Selasa (5/1/2021).

Baca Juga: Nadiem Makarim Sebut Semua Guru Honorer Boleh Ikut Seleksi Jadi PPPK, Kesempatannya 3 Kali



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.