Kompas TV nasional peristiwa

Orang Indonesia Masih Betah Tinggal di Pulau Jawa, Ini Buktinya

Jumat, 22 Januari 2021 | 22:32 WIB
orang-indonesia-masih-betah-tinggal-di-pulau-jawa-ini-buktinya
Ilustrasi transportasi darat sebagai jalur kendaraan pribadi dan umum tengah padati tol Bekasi, Jawa Barat (Sumber: Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Sebagian besar masyarakat Indonesia berada di Pulau Jawa, menurut data hasil Sensus Penduduk 2020.  Data yang dirilis berdasarkan sensus penduduk Indonesia itu menyebutkan, sebaran penduduk Indonesia masih terkonsentrasi di Pulau Jawa. 

"Pulau terpadat adalah Jawa. Kepadatan di pulau Jawa 1.171 jiwa per km persegi (Km2),” kata  Kepala BPS Kecuk Suhariyanto dalam 'Rilis Bersama Data Sensus Penduduk 2020 dan Data Administrasi Kependudukan 2020' di Hotel Borobudur Jakarta, Kamis (21/1/2021).

Meskipun luas geografisnya hanya sekitar tujuh persen dari seluruh wilayah Indonesia, Pulau Jawa dihuni oleh 151,59 juta penduduk atau 56,10 persen penduduk Indonesia

Baca Juga: Sensus Penduduk BPS 2020: Jumlah Perempuan Lebih Sedikit dari Laki-Laki


Tingkat kepadatan Pulau Jawa di kisaran 1.171 jiwa per Km2. Artinya,  itu lebih buruk dari rata-rata kepadatan nasional yang berada di angka 141 jiwa per Km2. "Ini artinya kepadatan penduduk di pulau Jawa 8,3 kali lipat dari nasional," tambah Kecuk.


Tapi sebenarnya, jumlah penduduk Jawa secara umum  berkurang dalam 20 tahun terakhir.
Misalnya, pada tahun  2000, jumlah penduduk Jawa mencapai 59,1 persen nasional lalu menjadi 57,5 persen (2010), dan 56,1 persen (2020).

Baca Juga: Berlangsung di Tengah Pandemi, BPS Gelar Sensus Penduduk Dengan Protokol Kesehatan

Penulis : Iman Firdaus


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:10
PEMPROV RIAU SEDIAKAN 12 ALAT BERAT GRATIS UNTUK MEMBUKA LAHAN PERKEBUNAN TANPA MEMBAKAR   KEJARI PEMATANG SIANTAR, SUMUT, HENTIKAN KASUS 4 PETUGAS PRIA YANG MANDIKAN JENAZAH WANITA   GUBERNUR SUMSEL AKAN LANTIK 6 BUPATI TERPILIH SECARA TATAP MUKA AGAR TIDAK TERJADI GANGGUAN SINYAL   STATUS TANGGAP DARURAT BENCANA BANJIR DAN LONGSOR DI HULU SUNGAI TENGAH, KALSEL, DIPERPANJANG   RIBUAN WARGA DI DUA KAMPUNG DI DESA BATULAWANG, CIANJUR, TERISOLASI AKIBAT JALAN TERPUTUS KARENA TANAH BERGERAK   HADAPI CUACA EKSTREM, PEMKOT BOGOR MINTA JAJARAN TERKAIT PETAKAN POTENSI WILAYAH RAWAN DAN MITIGASI RISIKO BENCANA   TNI AU DAN BPPT KEMBALI MEMODIFIKASI CUACA DI WILAYAH JABODETABEK UNTUK KURANGI INTENSITAS HUJAN   IMIGRASI JAKARTA PUSAT TANGKAP 3 WNA YANG MELANGGAR IZIN TINGGAL DI KEMAYORAN   BANDARA INTERNASIONAL YOGYAKARTA AKAN GUNAKAN GENOSE C19 MULAI 1 APRIL 2021   PEMKOT BOGOR, JAWA BARAT, MENDAPAT 69.570 VAKSIN SINOVAC UNTUK VAKSINASI TAHAP KEDUA PADA AWAL MARET 2021   DINKES KOTA TANGERANG SELATAN BELUM DAPAT MEMASTIKAN WAKTU PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 TAHAP KEDUA   PEMERINTAH MENYEDIAKAN 12.000 VAKSIN COVID-19 UNTUK ATLET, PELATIH, DAN OFISIAL PENDUKUNG CABANG OLAHRAGA   MENPORA SEBUT ATLET YANG AKAN TAMPIL DI PON PAPUA 2021 JADI PRIORITAS UNTUK DIVAKSIN   MENPORA ZAINUDIN AMALI: 800 ATLET, PELATIH, DAN TENAGA PENDUKUNG DARI BERBAGAI CABOR AKAN DIVAKSIN PEKAN INI