Kompas TV nasional sapa indonesia

Beda Pandangan Walhi dan KLHK Terkait Penyebab Banjir Bandang di Kalimantan Selatan

Jumat, 22 Januari 2021 | 23:11 WIB

KOMPAS.TV - Nestapa bencana banjir yang merendam melanda Kalimantan Selatan berdampak pada 300.000 warga dan memaksa 60.000 lebih warga mengunggsi.

Polemik penyebab banjir bandang Kalsel ini masih menjadi teka teki. Bareskrim Polri pun turun tangan untuk menyelidiki pemicu banjir bandang.

Pihak Dinas Kehutanan Kalimantan Selatan, membenarkan adanya penyelidikan banjir di Kalsel oleh polisi.

Organisasi Pemerhati Lingkungan Walhi Kalsel, mendesak pemerintah pusat bertindak tegas atas dugaan kerusakan lingkungan Kalsel.

Direktur Walhi Kalsel Kisworo Dwi Cahyono, mendukung penyelidikan yang dilakukan kepolisian untuk mengungkap dugaan pidana perusakan lingkungan akibat alih lahan.

Dari Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) luas hutan seluruh Pulau Kalimantan pada 2014 lalu, tercatat sebesar 28.160 hektar, lalu berkurang menjadi 26.563 hektar di tahun 2018.

Sementara untuk daerah aliran Sungai Barito yang melintasi 4 provinsi di Kalimantan, tercatat seluas 6,2 juta hektar.

Kementerian Kehutanan mengakui hanya 18,2 persen dari luas das barito yang berhutan, dan sisanya 81,8 persen, tidak berhutan. Sementara di Kalimantan Selatan, luas hutan pada 2014 tercatat sebesar 940, 3 hektar dan menjadi 840,9 hektar di 2018.

Selain menipisnya tutupan hutan dan intensitas hujan yang tidak tertampung Daerah aliran sungai, KLHK juga mengungkap adanya luas areal bekas tambang terlantar di  Kalimantan Selatan.

Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Karliansyah menyebut jika menilik dari data BMKG, curah hujan di Kalimantan Selatan sangatlah tinggi. 

#BanjirKalsel #KompasTV

Penulis : Anjani Nur Permatasari


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:08
HARGA EMAS BATANGAN PT ANTAM PADA 28 FEBRUARI 2021 BERADA DI ANGKA RP 917.000   KEMENDAG BERUPAYA JALIN KERJA SAMA DENGAN SEKTOR PERBANKAN UNTUK KEMBANGKAN SISTEM RESI GUDANG   SISTEM RESI GUDANG BERTUJUAN JADI PENYANGGA KETERSEDIAAN KEBUTUHAN MASYARAKAT DAN KEBUTUHAN STRATEGIS LAINNYA   KEMENDAG BANGUN SEKITAR 200 SISTEM RESI GUDANG DI SEJUMLAH DAERAH   INACA BERHARAP PEMERINTAH SEGERA MENYETUJUI PERMINTAAN KERINGANAN PAJAK UNTUK INDUSTRI PENERBANGAN   KETUA IMI BAMBANG SOESATYO KUKUHKAN ATTA HALILINTAR SEBAGAI PRESIDEN KOMUNITAS MOTOR LISTRIK INDONESIA   HERU HIDAYAT TETAP DIVONIS SEUMUR HIDUP DAN BAYAR UANG PENGGANTI RP 10,73 TRILIUN DALAM KASUS KORUPSI JIWASRAYA    PENGADILAN TINGGI DKI MENGUATKAN VONIS TERHADAP TERDAKWA KOMISARIS UTAMA PT TRADA ALAM MINERA HERU HIDAYAT   SATU ANGGOTA KKB TEWAS SAAT BAKU TEMBAK DENGAN PRAJURIT TNI DI DISTRIK HITADIPA, INTAN JAYA, PAPUA, MINGGU DINI HARI   SATPOL PP DKI TUTUP SEMENTARA KAFE BROTHERHOOD GUNAWARMAN, JAKSEL, KARENA MELANGGAR PPKM   DISDIK: SEBANYAK 16.909 GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI YOGYAKARTA AKAN MENERIMA VAKSINASI COVID-19 TAHAP DUA    SOSIOLOG UI PAULUS WIRUTOMO: PENDEKATAN KOMUNITAS UNTUK ATASI COVID-19 LEBIH UNGGUL DIBANDING PROGRAM PEMERINTAH   SOSIOLOG UI PAULUS WIRUTOMO: PANDEMI MERUPAKAN KESEMPATAN UNTUK PAKSA PEMERINTAH KUATKAN “POLITICAL WILL”   KPK PASTIKAN PUNYA BUKTI KUAT GUBERNUR SULSEL NURDIN ABDULLAH TERIMA SUAP DAN GRATIFIKASI PROYEK INFRASTRUKTUR